150 KK Di Desa Tuamese Akhirnya Menikmati Listrik

Kupang,sonafntt-news.com.150 KK yang terletak di Desa Tuamese Kecamatan Biboki Anleu Kabupaten Timor Tengah Utara-NTT akhirnya menikmati listrik.Langkah ini berkat sama Pemerintah Pusat dan PT.PLN dengan tujuan mendekatkan pelayanan dan membuka akses ekonomi di daerah terpencil dan khususnya di Indonesia wilayah bagian Timur.

Penyalaan listrik Desa di Tuamese secara simbolis dilakukan pada tanggal 21 Juni 2020 oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko bersama Kepala Desa Tuamese Mesak Adu

Turut hadir Manager PLN UP2K (Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan) Kupang Cahyo Gunadi dan Manager PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Kupang Arif Rohmatin.

Akhirnya 150 KK di Desa Tuamese sudah menikmati listrik dengan Mata pencaharian warganya adalah nelayan dan menyadap air pohon lontar untuk diolah menjadi gula lempeng dan minuman tuak untuk acara-acara warganya.

Kepala Desa Tuamese Mesak Adu dalam keterangan menyampaikan bahwa saya senang dan bahagia dengan hadirnya listrik, “sejak listrik menyala, perilaku hidup warganya telah berubah yakni selain memanfaatkan energi listrik untuk penerangan, sekitar 10 KK sudah membeli kulkas untuk kegiatan produktif seperti mengawetkan ikan, dan lainnya. Selain itu kehadiran energi listrik juga membuat aktivitas warganya di malam hari lebih panjang yakni membuat gula lempeng untuk dijual.” Jelasnya

Lanjutnya,“dengan kehadiran listrik kehidupan perekonomian warga lebih hemat karena sebelumnya warga menggunakan lampu pelita untuk penerangan di malam hari, dengan biaya setiap bulan sekitar Rp. 100.000,- namun sejak listrik menyala warga membeli token Rp. 50.000,- dan sampai sekarang belum beli lagi token. Selain itu untuk kegiatan ibadat di gereja sebelumnya menggunakan genset dengan membeli BBM di Atambua Rp. 200.000,- per bulan dan hingga sekarang token Rp.200.000,- belum habis digunakan.” pungkasnya

Mesak juga sudah mengusulkan pelatihan pengembangan ekonomi lokal untuk warganya ke Dinas Koperasi dan Perindustrian. Selain mengusulkan pelatihan kreatif, Mesak juga mendukung pembiayaan pelatihan tersebut. Semoga kehidupan warganya lebih baik dengan hadirnya listrik dan pelatihan yang akan diikuti warga, harapnya.

Tidak hanya itu, Alexander Ludji Willa, salah satu warga yang berprofesi menyadap air pohon lontar, menyampaikan terima kasih kepada PLN yang sudah menerangi rumahnya dan senang karena sejak listrik menyala di rumahnya, aktivitas di malam hari lebih lama dan anak-anak juga lebih nyaman belajar di malam hari.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT, Agustinus Jatmiko menyampaikan, hingga saat ini rasio elektrifikasi Kabupaten TTU telah mencapai 83,02% dan rasio desa berlistrik 97,93% dan untuk rasio elektrifikasi Provinsi NTT sendiri saat ini telah mencapai 86,81% dan rasio desa berlistrik NTT 93,32% hingga Mei 2020. “Energi listrik yang sudah ada semoga bermanfaat bagi warga, baik untuk penerangan, untuk kegiatan produktif warga seperti mengawetkan ikan dengan kulkas, membuat es, memasak, setrika, mendengar dan menonton berita di TV sehingga tidak ketinggalan informasi, dan aktivitas lainnya dengan energi listrik, sehingga kehidupan warga menjadi lebih baik”. ucapnya

Berdasarkan info dari R. Cahyo Gunadi Manager PLN UP2K Kupang menyebutkan Pembangunan asset ke lokasi tersebut membutuhkan panjang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 6 kms (kilo meter sirkuit), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 9 kms, dan 2 buah gardu dengan kapasitas masing-masing 50 kVa. Cahyo berharap warga mendukung keandalan penyediaan tenaga listrik dengan menginformasikan pohon yang dekat dengan jaringan ke petugas PLN untuk dirabas.

Jatmiko juga berpesan apabila ada informasi, keluhan atau apapun terkait tagihan listrik atau Pelayanan PLN, Pelanggan bisa langsung ke situs www.pln.co.id, Aplikasi PLN Mobile yang dapat didownload pada Aplikasi store dan play store, lalu Call Center 123 serta media sosial Facebook PLN 123, Twitter PLN_123 dan Instagram PLN123_OFFICIAL siap melayani 24 jam Guna dari layanan ini adalah mudah, cepat dan menjadi solusi layanan cepat dalam genggaman.(MF).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *