Bupati Kupang Resmi Lantik DPD Perhitani

Kupang, Sonafntt-news.com.Sebanyak 27 orang Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Kabupaten Kupang periode 2022-2027, resmi dikukuhkan Bupati Kupang Korinus Masneno, Selasa 18/4/2023, berlangsung di Aula Kantor Bupati Kupang di Oelamasi.

Mengawali sambutannya, Bupati Kupang Korinus Masneno mengucapkan selamat bekerja dan selamat mengabdi untuk DPD Perhiptani Kabupaten Kupang yang telah dikukuhkan saat ini. Dirinya berharap dengan dilantiknya kepengurusan Perhiptani ini, bukan sekadar seremoni belaka melainkan dapat memberikan nilai lebih bagi seluruh anggota Perhiptani baik penyuluh pertanian serta seluruh pemerhati penyuluhan pertanian dalam revolusi bidang pertanian di Kabupaten Kupang. Selain itu diharapkan dapat melaksanakan program-program kerja dengan penuh profesional dan dedikasi tinggi, yang didukung dengan keterlibatan dewan pakar diantaranya Lembaga Perguruan Tinggi dan Lembaga Pelatihan Pertanian yaitu Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) dan Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) beserta stakeholder lainnya dalam memberikan masukan, inovasi serta keilmuannya untuk pengembangan dan penerapan teknologi pertanian ke depan, dalam rangka memajukan daerah Kabupaten Kupang bangsa dan negara Indonesia serta organisasinya.

Bagi Bupati Masneno, Penyuluh Pertanian merupakan garda terdepan dalam pembangunan pertanian dan keberhasilan pembangunan pertanian 50 persen lebih ditentukan oleh sumber daya manusia. Oleh sebab itu diperlukan sumber daya manusia penyuluh yang handal, kreatif, inovatif dan berwawasan global dalam penyelenggaraan penyuluhan yang produktif, efektif dan efisien. 

menurut Bupati,  90 persen masyarakat Kabupaten Kupang gantungkan hidupnya pada penyuluh.”Memang masyarakat memerlukan bantuan penyuluhan tentang penerapan teknologi serba guna, panen dan pasca panen. Saya bangga dengan penyuluh pertanian Kabupaten Kupang, dan saya berharap mudah-mudahan kedepan produksi pertanian lebih meningkat. Jangan hanya penyuluh saja yang gemuk, tetapi petani juga,” ucap Bupati dengan sedikit nada guyon. 

Sedangkan Ketua Panitia DPD Perhiptani Kabupaten Kupang, Akostan Birelawa dalam laporannya mengatakan Perhiptani merupakan organisasi profesi yang bersifat kemandirian dan dibentuk pada Kongres Perhiptani I pada tanggal 6 Juli 1987 di Subang-Jawa Barat. Perhiptani sebagai kesatuan Korps Penyuluh Pertanian dalam wadah untuk membina jiwa korsa dan kode etik profesi dalam mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu, teknologi dan manajemen penyuluhan pertanian serta menyalurkan aspirasi.

Pada acara pengukuhan ini, Bupati Kupang didampingi Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Plt.Sekda Kab.Kupang Novita Foenay, Asisten 1 Rima Salean, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Amin Juariah. Serta turut hadir, dewan pakar dari Perguruan Tinggi, Lembaga Pelatihan Pertanian dan undangan lainnya. 

Acara ditandai dengan penyematan PIN Perhiptani Kabupaten Kupang secara simbolis kepada perwakilan anggota DPD oleh Bupati dan diakhiri dengan peninjauan stand produk hasil pertanian oleh Bupati dan Wakil Bupati Kupang beserta undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *