Akibat Hujan Lebat Di Kabupaten Kupang, Rumah 27 Kk Terendam, 3 Orang Nyaris Terbawa Arus Banjir

Kupang,sonafntt-news.com.Kondisi cuaca dalam satu pekan terakhir  tidak bersahabat da hal ini juga terjadi di Kabupaten  Kupang  dimana  sejak  hari Selasa, (22-02-2022) mulai jam 11.00 sampai 16.00 wita menyebabkan  terjadinya banjir dan mengakibat sungai Siumate  di Desa Naitae Kecamatan Fatuleu Barat Kabupaten Kupang meluap dari jembatan karena tersumbatnya saluran jembatan atau gorong-gorong. 

“Akibat hujan tersebut mengakibatkan¬† 27 rumah Kepala Keluarga terendam¬† dan tiga orang nyaris terbawa arus banjir.

Demikian informasi  yang disampaikan  oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana  (BPD) Titus Samuel Tinenti Kabupaten Kupang,rabu 23/2/2022.

 Titus Samuel Tinenti menjelaskan bahwa hujan deras mengakibatkan rumah warga RT.07/RW.04 Dusun 2 Desa Naitae  sebanyak 14 KK dan Desa Tuakau RT 01/RW 01 Dusun 1 sebanyak 13 KK terendam banjir bandang tersebut. Total 27  KK dengan jumlah jiwa 146 orang yang mengalami dampak dari peristiwa banjir ini.

 Berdasarkan  laporan warga  ada  3 orang yang terbawa arus banjir, 2 orang selamat atas nama Yohanis Pah tiga puluh tahun dan Anaknya Mardi Pah dua belas tahun yang selamat. Sedangkan 1 orang warga yang  sampai saat ini  sementara dicari tim basarnas  warga RT 11/RW.06 Dusun 3 Desa Naitae.

“Tadi malam tim sudah siap di posko untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan  dan  hari ini  pukul 08.00  tim langsung  berangkat ke lokasi dengan membawa logistik.  kami juga sudah membangun koordinasi dengan BPD Provinsi dan tim Basarnas sudah berada di lokasi.Kami juga mendapat dukungan logistik dari BPD Provinsi dan untuk memudahkan pengawasan selai  posko di lokasi juga sudah ada posko di Kabupaten jika ada kejadian yang sama di tempat lain “ungkapnya.

Sambungnya, kami juga sedang berkoordinasi  dengan Dinas Pekerjaan Umum   untuk membersihkan ranting-ranting pohon di lokasi tersebut.Ranting pohon yang mengakibatkan air meluap dan kami berharap warga tetap waspada  dan menjaga keselamatan  mengingat cuaca tidak bersahabat apalagi anak-anak harus diperhatikan secara baik.

Ia optimis dengan tim yang ada dan dukungan Basarnas akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga  Naitae yang mengalami dampak langsung akibat curah hujan yang cukup tinggi. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *