APBD Sejumlah Kabupaten/Kota Di NTT Mengalami Surplus

Kupang,Sonafntt-news.com.Anggaran Pendapatan Belanja Daerah  (APBD)  pada sejumlah Kabupaten yakni Kabupaten Lembata, Manggarai Timur,  Sumba Barat, dan  Sumba Tengah mengalami surplus sedangkan kabupaten  lainnya mengalami defisit.Kondisi ini mengingatkan kita bahwa seandainya APBD kita defisit mewajibkan kita agar lebih fokus   menjalankan peran kita masing-masing guna mendapatkan  pendapatan yang maksimal.

Demikian disampaikan oleh  Kepala Badan  Keuangan Daerah Provinsi NTT Drs.Zakarias Moruk,MM usai mengikuti rapat paripurna DPRD NTT dalam rangka penutupan masa persidangan ke-I dan pembukaan masa persidangan  Tahun 2022/2023,selasa 30/1/2023.

“Mari kita mengoptimalkan potensi yang dimiliki sesuai peran dan tugas masing-masing agar mencapai target yang telah ditetapkan dengan harapan meningkatkan publik sesuai kebutuhan masyarakat pada 22 Kabupaten/Kota”ungkap Mantan Penjabat Bupati  Belu.

Menurutnya, APBD mengalami  defisit ada beberapa kegiatan yang diresain  dan  memiliki hubungan dengan percepatan penanganan pandemi covid-19  di tahun sebelumnya (2000 -2021).selain itu, untuk kegiatan pembiayaan rutinitas  untuk masing-masing perangkat daerah  dimana dalam pengolahan khas daerah memiliki tiga skema yakni uang persediaan, ganti uang dan penambahan  uang karena pada desember 2022 hadir peraturan Kementerian Keuangan  No.211 dan 212  tentang penjabaran Daur yang ditentukan, misalnya di bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pendidikan dan Kesehatan dan P3K.

Ia menegaskan  kami sementara menyesuaikan  dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya dan  januari 2023 dana yang digunakan untuk item internet, listrik dan air dan apabila  penggunaan uang diluar itu disebut ganti uang  dan selanjutnya SPJ masuk baru diproses sesuai ketentuan untuk ganti kembali sedangkan posisi kas per hari ini 30/1/2023 130 M. (SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *