Ayo Sukseskan Turnamen Hus Kuda Usman Husin Cup I Di Rote Ndao

Kupang,Sonafntt-news.com. Mari kita bergerak bersama menyatukan langkah dengan memanfaatkan potensi yang ada untuk mensukseskan  Turnamen Piala bergilir  Hus Kuda Usman Husin Cup I  di Rote Ndao,Nusa Tenggara Timur, Tahun 2023.

Demikian ajakan dari salah satu warga asal Rote Ndao saat dikonfirmasi media ini, sabtu 18/2/2023.

Turnamen piala bergilir Hus Kuda Usman Husin Cup I merupakan salah satu kegiatan strategis untuk memperkenalkan budaya orang rote  kepada dunia luar dan meningkatkan persaudaraan antara satu dengan yang lainnya.

“Piala HUS Kuda diukir dari bahan kayu pilihan berbentuk seekor kuda yang ditunggangi seorang pria mengenakan pakaian adat Rote Ndao.Pria penunggang kuda mengenakan topi ti’I langga dan memakai kaca mata hitam”ungkapnya.

Menurut warga itu, pria penunggang kuda juga mengenakan selendang pada lehernya, baju kebesaran khas orang Rote dan juga memakai kain sarung tenun ikat Rote Ndao, serta mengenakan sandal pada kakinya.

Sambungnya,Pria penunggang kuda tampak gagah menunggang kuda sambil memegang tali kekang yang ditautkan ke mulut kuda sedangkan  kuda tunggangan pada piala HUS Kuda ini, tampak seperti kuda poni dengan kaki yang kekar dan mengenakan rantai di lehernya.

Ia menambahkan turnamen ini merupakan lanjutan dari tahun 2022 guna menciptakan pemain  bola kaki  yang handal sekaligus memperebutkan berbagai hadiah menarik.

Sementara Wakil Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NTT, Usman Husin mengajak semua komponen untuk mengambil bagian untuk menyukseskan kegiatan tersebut  dengan baik.

“Mari kita memanfaatkan ruang ada untuk perkenalkan budaya yang diwarisksj leluhur. Menurutnya Hus Kuda  merupakan upacara pertanian yang dilakukan para leluhur untuk menyatakan rasa syukur atas hasil pertanian yang berlimpah. Karena itu, upacara hus kuda biasanya dilangsungkan dalam suasana yang riang gembira. Dalam lomba Hus Kuda, yang biasa dinilai adalah keindahan hiasan serta gerak saat kuda melangkah dan berlari, serta keindahan dan keunikan yang ditunjukan penunggang atau jokinya saat mengendalikan kuda saat atraksi.” Urai Calon Anggota DPR RI dari PKB, daerah pemilihan NTT II.Usman Husin. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *