Badan Usaha Milik Pemdes Motaain Segera Diaktifkan Kembali Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga

Malaka,Sonafntt-news.com. Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik Pemerintah Desa Motaain yang berada di Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka segera mengaktifkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dengan target membuka akses usaha untuk memperbaiki kehidupan ekonomi warga dan membawa daerahnya semakin berkembang dan mandiri di segala sektor.

Langkah ini sejalan dengan Undang-undang 6 tahun 2014 tentang Desa, pada pasal 87 bab 10 mengatur tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), dimana setiap unsur pimpinan desa wajib untuk membentuk yang namanya Badan Usaha Milik Desa dan disesuaikan dengan kebutuhan wilayah bersangkutan.

” Pernyataan ini disampaikan oleh kepala Desa Motaain, Salomon Leki ketika ditemui oleh awak media di ruang kerjanya,rabu (8/7/2020).

Dana penyertaan yang dialokasikan dari Dana desa untuk khas BUMDES sebanyak Rp.118.223.600, rupiah digunakan untuk memfasilitasi masyarakat dalam menunjang perekonomian keluarga. dengan ketentuan masyarakat harus mengelolanya dengan baik, sehingga dapat bermanfaat bagi semua masyarakat di wilayah pemdes Motaain.

” menurut Salomon Leki uang yang berjumlah seratus delapan belas juta rupiah tersebut, sudah dikembalikan ke kas daerah kabupaten malaka. dengan alasan setelah kita lakukan pencairan langsung dikembalikan karena belum terbentuk kepengurusan bumdes”, katanya.

Dana desa yang sudah dianggarkan melalui APBN, bagi pemerintahan desa demi mendukung kegiatan, baik itu infrastruktur maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat dirasakan oleh masyarakat setempat sesuai regulasi yang ada.

” solusinya bahwa saya selaku kepala desa akan berkoordinasi dengan BPD lewat rapat bersama masyarakat untuk kita aktifkan kembali BUMDES yang sempat dinonaktifkan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan demi menunjang kebutuhan hidup lewat modal BUMDES baik itu simpan pinjam, maupun untuk usaha mandiri lainnya”, tuturnya.

Kami berharap, agar masyarakat dapat melihat potensi alam Desa Motaain yang memadai, sehingga dapat menambah penghasilan untuk meningkatkan ekonomi keluarga dalam menjawab kebutuhan sehari-hari bahkan membangun akses yang lebih kompleks dengan sektor yang berkaitan dengan prinsip saling mendukung satu sama lain guna membawa daerah ini semakin maju, berkembang serta harus mampu menghadapi perkembangan zaman,apalagi dunia saat ini mendorong kita untuk mampu mengetahui dan menggunakan Teknologi yang baik dan benar,ungkapnya.Hal lain juga yang harus dilakukan yakni memperkuat kebersamaan, saling mendengarkan satu sama lain dan menciptakan inovasi-inovasi baru untuk kemajuan desa ke arah yang lebih baik.(Fb/Rep).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *