Bergerak Bersama Bumikan Pancasila, Kanim Kupang ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kupang, Sonafntt-news.com. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara live streaming di aula Kanim Kupang. Upacara tersebut diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan diikuti oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Darwanto  Kasanegara,SH,MH,  beserta jajaran dengan menggunakan pakaian adat,  Rabu, 1 Juni 2022.

  Tema yang diusung dalam Peringatan  Hari  Lahirnya Pancasila yakni “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” dan diselenggarakan secara terpusat dari Lapangan Pancasila Ende, Kota yang bersejarah, tempat proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, Bung Karno, Merenungkan dan merumuskan Pancasila. Upacara ini dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

 “Dari kota Ende, saya mengajak seluruh anak – anak bangsa dimanapun berada untuk bersama sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai – nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, ucap Presiden dalam amanatnya.

Presiden juga menjelaskan bahwa Pancasila bukan hanya telah mempersatukan, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila.

Dalam kesempatan itu,  Presiden mengajak setiap pemimpin bangsa, terutama pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, pemimpin partai politik dan pemimpin – pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, untuk menjadi contoh dalam aktualisasi nilai – nilai Pancasila. Presiden juga mengajak masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai – nilai Pancasila untuk mewujudkan Indonesia maju dan mewujudkan cita – cita proklamasi kemerdekaan.

Disaksikan media ini, upacara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy. Dalam mengikuti kegiatan ini, ASN Kanim Kupang tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah guna menekan bahkan menghentikan penyebaran covid-19.(YP/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *