BPBD Kota Kupang Siap Salurkan Bantuan ke Kelurahan

Kupang,sonafntt-news.com.Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang, Maxi Jemy Derens Didok, S. Pd, M. Si mengatakan bahwa tim yang dipercayakan siap menyalurkan ke pemerintah kelurahan.

Untuk diketahui Kota Kupang mendapat bantuan dari beberapa pihak bagi masyarakat korban bencana alam badai siklon tropis Seroja salah satunya Bank Danamon yang diserahkan kepada BPBD pada 4 April lalu.

Selain bantuan dari Bank Danamon, ada juga dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bantuan-bantuan ini baru tiba di Kupang pada Senin (7/6/2021). Oleh karena itu, saat ini bantuan ini masih tersimpan di gudang BPBD Kota Kupang. Bantuan tersebut berupa selimut, mie instan, minyak goreng, ikan kaleng, beras, tenda, hand sanitizer, rapid-test, dan masker.

Jemy menjelaskan saat ini masih diselesaikan administrasinya dan dikemas. Jika sudah selesai, maka langsung disalurkan kepada masyarakat melalui kelurahan.

Sebelumnya, BPBD Kota Kupang juga telah menyalurkan sejumlah bantuan untuk 31 kelurahan dan bantuan tahap berikut saat ini dalam proses pengemasan. Selanjutnya dibuatkan berita acara kemudian dilaporkan kepada Wali Kota.

Menurutnya tata cara penyaluran bantuan di BPBD yakni barang yang masuk perlu dicek apakah sesuai data yang diterima atau tidak. Selanjutnya dibuatkan berita acara untuk dilaporkan kepada Wali Kota. Tahapan selanjutnya adalah mengonfirmasi pemerintah kelurahan terkait data penerima.

“Setelah distribusikan kepada kelurahan selanjutnya akan disalurkan kepada para korban atau warga terdampak,” katanya.

Jemy lanjut menjelaskan bantuan di BPBD Kota Kupang hingga saat ini tim sudah menyalurkan untuk 31 kelurahan dan sisanya segera disalurkan setelah proses pengemasan selesai.

“Saat berlangsung pengemasan logistik paket bantuan kemarin pagi kami dikunjungi beberapa orang dari DPRD Kota Kupang dan saat ini tim sedang menyelesaikan administrasi serta pengemasan.

“Bantuan yang kita terima harus dibuatkan berita acara dan dikemas secara baik sehingga perlu waktu, dan penyaluranya dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku. Semua sudah sesuai jadwal dan prosedur.

Sementara bantuan yang ada antara lain ada masker 200 boks, sabun cair 469, tenda 10 pieces, selimut 100 pieces, hand sanitizer 1.000 pieces, beras dan air mineral,” ungkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *