BPJN NTT Targetkan Pembangunan Jalan Alternatif Takari Selesai Pertengahan Bulan Maret 2023

Kupang, Sonafntt-news.com.Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui   Balai Jalan Nasional (BPJN)   Wilayah Nusa Tenggara Timur menargetkan pembangunan jalan alternatif di Desa Noelmina Kecamatan Takari Kabupaten Kupang yang menghubungkan dengan empat Kabupaten yakni TTS, TTU, Belu dan Malaka bahkan dengan negara Timor Leste akan diselesaikan akhir minggu ini dan paling lambat pertengahan  maret 2023.

Demikian disampaikan oleh Kepala BPJN NTT  melalui Kepala  Satker  Pelaksanaan Jalan Nasional BPJN NTT Azhari saat ditemui awak media di ruang kerjanya, kamis 4/3/2023.

Azhari menerangkan bahwa tim BPJN NTT saat ini sedang bekerja menyelesaikan pembangunan jalan alternatif  di Desa Noelmina guna membuka akses pasca longsor pada jumat 17/2/2023 lalu.

Untuk lalu lintas saat ini  melalui jalan sementara di sebelah titik longsor yang tanahnya berasal dari timbunan longsor dan eksator tiap hari  operasi sesuai ketentuan dan untuk pekerjaan jalan alternatif sedang dilaksanakan.

“Jalan yang dikerjakan  dengan panjang 600 M dimana item yang sudah dikerjakan yakni timbunan,agregat,dan untuk jalan masuk sudan di pasang rabat beton 70 meter dan saat ini menunggu umur beton sambil melakukan pemadatan di bagian kanan longgsor  dan kalau cuacanya bersabahat paling lambat minggu depan sudah bisa dilewati namun perlu diingat jalan alnatif hanya bisa di lewati kendaran roda dua-  enam, karena jalan tersebut bukan jalan beraspal”ungkapnya.

Azhari dalam kesempatan itu menghimbau kepada pengguna jalan yang menuju TTS, TTU, Belu dan Malaka, jika ada kendaraan yang mengangkut trenton harus  di bagi-bagi ataupun bebannya lebih besar disarankan melalui jalur laut demi kepetingan pengguna jalan yang lain.

Sementara untuk alokasi anggaran pembukaan jalan alternatif  di takari bersumber dari dana tanggap darurat.ada dana khusus yang mengatur hal ini.”Biasanya tim turun melakukan survei kemudian menyampaikan laporan kepada pemerintah pusat  dan dana yang diusulkan tentu  disesuaikan kondisi ril lapangan.

Ia berharap masyarat Takari dan pengguna jalan Trans Nusa Timor selalu waspada terhadap  kemungkinan longgor di musim hujan karena cura hujan diprrdiksikan sampai bulan mei 2023 oleh karena itu slalu waspada dan ia juga menyarakan agar kegiatan pertanian di atas gunung daera longsor Desa Nolmina  Kecamatan Takari sementara tidak dilakukan. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *