BPSDM NTT & Pemkab Kupang Sinergi Dukung Percepatan Pemenuhan, Perlindungan Hak- Hak Anak Menuju Desa Layak Anak

Oelamasi,Sonafntt-news.com. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi    NTT dan Pemerintah Kabupaten Kupang sinergi dukung percepatan Pemenuhan dan Perlindungan  Hak- Hak Anak menuju Desa Layak Anak.   Hal ini ditandai dengan Kegiatan pembukaan diseminasi hasil audiensi dan kunjungan lapangan.Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat Bupati Kupang pada hari Selasa, 31 Mei 2022. Turut mendampingi, Kepala BPSDM Prov NTT Dr. Keron A. Petrus, SE, MA, General Manager Wahana Visi Indonesia Prov. NTT Ebenhezer Sembiring, Staf Ahli Bupati Kupang Ir. Pandapotan Siallagan, M.Si, para pimpinan OPD lingkup kabupaten  Kupang, Camat Takari Ruben Nubatonis, Kades Oesusu Dani N. Tauho

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten  Kupang Mesak Elfeto dalam sambutannya mewakili Bupati Kupang, mengatakan atas nama Pemkab dan masyarakat kabupaten  Kupang, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi  NTT serta seluruh pihak terkait yang telah menginisiasi terlaksananya kegiatan dimaksud.

Dirinya menjelaskan bahwa ini merupakan bukti sinergitas yang kokoh antar pemangku kepentingan di daerah ini yang patut untuk diapresiasi dengan dukungan yang kongkret agar pembangunan daerah dalam upaya pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak di kabupaten Kupang dapat diwujudkan bersama. 

Asisten II Sekda Kabupaten  Kupang ini mengatakan bahwa khusus untuk Pemkab Kupang, kebijakan untuk mewujudkan kabupaten layak anak telah termaktub dalam RPJMD tahun 2019-2024 dengan target kategori madya pada tahun 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan ini perlu menjadi perhatian bersama sehingga rencana pembentukan desa layak anak yang diawali pada desa Oesusu Kecamatan Takari dapat menjadi pilot project untuk mendorong terbentuknya desa dan kelurahan layak anak lainnya di kabupaten  Kupang. Dirinya juga menyatakan, salah satu prioritas dalam pembangunan desa saat ini sementara dan terus diupayakan pemerintah adalah terbentuknya desa layak anak yang bertujuan untuk menyatukan komitmen dan sumber daya pemerintah desa dengan melibatkan masyarakat dan dunia usaha untuk mempromosikan, melindungi, memenuhi dan menghormati hak-hak anak secara sadar dan berkelanjutan. 

Juga kepada para peserta audiens, terutama para pimpinan OPD, Mesak Elfeto berharap adanya dukungan untuk memberi data, informasi maupun koreksi positif yang dibutuhkan dalam kegiatan ini. “Lakukan pemilihan data anak dari jenis kelamin, kelompok umur, pendidikan, riwayat kesehatan maupun data anak korban kekerasan serta data anak yang membutuhkan perlindungan khusus yang ada pada lokus desa layak anak yang telah direncanakan”, ujarnya. 

Elfeto meyakini bahwa komitmen dan sinergitas yang kokoh antar pemerintah baik Pemprov sampai ke Pemdes bersama masyarakat dan lembaga pemerhati anak, serta dunia usaha yang ada, maka cita-cita pembangunan untuk mengembangkan kabupaten layak anak di desa/kelurahan yang ada di kabupaten  Kupang akan terwujud dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *