Bupati Kupang Serahkan Santunan Bagi 4 Korban Bencana Alam

Oelamasi, Sonafntt-news.com. Kondisi alam  Tahun ini kurang bersahabat  dan hal ini dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dimana akibat curah hujan yang tinggi empat orang terbawa arus banjir hingga tidak terselamatkan dan menyikapi hal tersebut  Bupati Kupang Drs.Korinus Masneno  langsung turun menyerahkan santunan bagi empat korban bencana alam guna meringankan beban keluarga atas peristiwa  yang dialaminya.

Turut mendampingi Bupati Kupang, Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha dan Asisten 2 Sekda Kabupaten Kupang, Mesak Soleman Elfeto, Senin, 20 Juni 2022.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kupang, Anis Masneno bahwa pada bulan februari hingga maret Tahun 2022, Kabupaten Kupang mengalami puncak musim penghujan yang mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Kupang terkena bencana banjir. Yang mengakibatkan kerugian harta benda, rusaknya ekosistem dan timbulnya korban jiwa. Bencana banjir tahun ini tercatat memakan 4 (empat) korban jiwa warga Kabupaten Kupang di tiga wilayah terpisah yakni 1 (satu) korban jiwa an.Abraham Nofu di Desa Naitae, Kecamatan Fatuleu Barat, 1 (satu) korban jiwa an. Elisabeth Abani di Desa Tanah Putih, Kecamatan Kupang Timur, dan 2 (dua) korban jiwa an. Melanton Tiran dan Desiyani Tiran di Desa Nekbaun, Kecamatan Amarasi Barat.

Sementara  perwakilan penerima santunan, Inche Tinenti dari Kecamatan Amarasi Barat, beliau ucapkan terima kasih kepada Bupati Kupang dan segenap jajaran yang telah melancarkan kepengurusan administrasi hingga tingkat Pemerintah Pusat, sehingga diperoleh bantuan.

 Bupati Kupang dalam sambutannya  menerangkan bahwa  segala daya dan usaha pemerintah lakukan, berupaya berkoordinasi dengan stakeholder terkait dari penanganan bencana sampai pada pasca bencana guna penanganan secara efektif, sehingga masyarakat merasakan adanya perhatian dari pemerintah dalam hal penanganan korban bencana.

Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Sosial Kabupaten Kupang terus melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi dan Kementerian Sosial agar keempat korban meninggal mendapat santunan ahli waris dengan maksud meringankan beban bagi mereka yang ditinggalkan. “Santunan tak dapat mengembalikan mereka yang telah pergi tapi setidaknya pemerintah tidak menutup mata dan telinga terhadap mereka yang berduka akibat ditinggal oleh sanak keluarga,”kata Bupati. 

Lanjut Bupati, sebenarnya santunan ini tidak seberapa, namun sekiranya santunan ini sedikit mengurangi penderitaan keluarga.

Bupati  juga sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Kementerian Sosial RI, oleh karena bentuk perhatiannya telah membantu memberikan santunan sebesar Rp.15.000.000 (lima belas juta rupiah) kepada masing-masing ahli waris korban bencana alam di Kabupaten Kupang. Juga ucapan terima kasih dari Bupati Masneno kepada Dinas Sosial Provinsi NTT dan jajarannya yang telah mendukung dengan memberikan rekomendasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial RI, sehingga Pemerintah Kabupaten Kupang dapat diberikan santunan bagi 4 (empat) keluarga korban bencana alam. 

Bupati meminta agar Pemerintah selalu tanggap terhadap bencana. Dan perlunya kewaspadaan memasuki musim penghujan. Kewaspadaan yang tinggi ketika hadapi bencana yang tiba-tiba dan  tak terduga. (SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *