Bupati TTU : Pendidikan  Kepramukaan Sebagai  Salah Satu Wujud   Menghasilkan  Generasi Muda Yang Berkualitas

TTU,sonafntt- news.com.    Gerakan Pramuka memiliki peran yang sangat strategis untuk mendukung pelayanan publik  dan salah satunya melakukan langkah-langkah strategis dan efektif untuk menyiapkan generasi muda yang berkualitas menuju daerah  maju serta berdaya saing  bahkan harus siap menghadapi perkembangan zaman yang sangat kompleks.

Hal ini disampaikan oleh  Bupati TTU Drs.Juandi David saat pelaksanaan Musyawarah Luar Biasa Kwartir  Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Timor Tengah Utara  Tahun 2021 bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati TTU, Rabu 30 Juni 2021. 

Ketua Caretaker Kwartir Cabang  Gerakan Pramuka Kabupaten Timor Tengah Utara Drs.Kristoforus Ukat, MM di sela-sela pelaksanaan musyawarah luar biasa mengatakan bahwa musyawarah luar biasa ini dilaksanakan  mengingat  Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten TTU Aloysius Kobes, S.Sos mengundurkan diri dengan alasan kondisi kesehatan. 

Kegiatan musyawarah luar biasa kwartir cabang  ini  diikuti dari unsur Kwartir Daerah NTT,  Kwartir Cabang TTU,  Kwartir Ranting dan gugus depan sesuai AD/ART  yang berjumlah  30 orang. 

Hadir dalam kegiatan musyawarah  luar biasa kwartir cabang gerakan pramuka TTU Tahun 2021 ini  dari unsur Kwartir Daerah Gerakan Pramuka NTT yaitu Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Drs. Petrus Sinun Manuk  bersama  Kapusdiklatda beserta  pengurus kwarda lainnya. 

Bupati  Timor  Tengah Utara  Drs. Juandi David  dalam sambutannya mengatakan bahwa pramuka sebagai salah satu bagian penting yang harus diikuti oleh generasi muda  dalam mendukung pengembangan diri dan dilatih untuk siap menghadapi dinamika sosial.

 “Gerakan pramuka sejatinya adalah salah satu bentuk pendidikan karakter generasi muda bangsa. Ini berarti gerakan pramuka masih  menjadi  salah satu wadah terpercaya untuk membangun karakter generasi muda bangsa Indonesia.”ungkapnya

Hakekat gerakan  pramuka ini sejalan dengan roh dan semangat kurikulum pendidikan yang mengedepankan pembentukan budi pekerti. 

Lanjutnya lagi bahwa gerakan pramuka mempunyai tugas pokok  menyelenggarakan  kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik.  Gerakan pramuka berfungsi sebagai lembaga pendidikan non formal di luar sekolah sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda dengan berpegang pada prinsip pramuka ; Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan. 

 Bupati Juandi  dalam kesempatan itu menyampaikan  beberapa hal penting yang perlu mendapat perhatian dari peserta musyawarah luar biasa,  antara lain ;Pertama, agar dalam musyawarah cabang luar biasa ini, pilihlah sosok yang dianggap  mampu, tanggap, bertanggung jawab dan berdedikasi dalam mengurus dan mengembangkan Gerakan Pramuka di Kabupaten TTU;

Kedua, para pembina dan pelatih harus mampu merancang dan melaksanakan kegiatan-kegiatan kepramukaan yang edukatif, kreatif dan rekreatif agar semakin banyak kaum muda TTU tertarik dan mau terlibat dalam kegiatan-kegiatan pramuka.

Ketiga, saya mengajak semua pimpinan, pembina dan pelatih serta  anggota pramuka kwartir cabang TTU, marilah bekerja sama, sinergikan semua potensi dan kekuatan, bersama kita bangun bumi biinmafo. 

Pantauan media ini, melalui proses yang panjang akhirnya forum  memilih Dra. Elvira B.M.Ogom sebagai Ketua Kwartir Cabang  Gerakan Pramuka Kabupaten TTU periode 2021-2023. (DK/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *