Camat Alak : LPM Ibarat DPR Di Tingkat Kelurahan

Kupang,sonafntt-news.com. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM)  sebagai salah satu mitra di tingkat Kelurahan yang memiliki peran strategis dalam mensukseskan program pemerintah menuju kelurahan yang maju dan mandiri di segala aspek dan mereka bisa diibaratkan seperti DPR hanya  beda lembaga saja.

Demikian disampaikan Camat Alak Yulianus Willem Pally, saat melantik Yonathan E. Penu sebagai  Ketua Lembaga Pemberdaya Masyarakat dan Badan Pengurus LMP Alak Periode 2002-2025.Turut  Wakil Ketua DPRD Kota Kupang Chris  Baitanu,  Camat Alak Yulianus Welem Pally,   Mantan Ketua LPM Alak, Lurah Alak dan jajarannya, Sesepuh orang Alak Usman Husin, para ketua RT se-Kelurahan Alak dan Tokoh Masyarakat,Kamis 17/3/2022.

Menurut Camat Yulianus Willem Pally,  LPM memiliki peran strategis dalam memberikan masukan-masukan konstruktif yang berbasis  data sesuai kondisi ril dengan prinsip mendukung peningkatan pembangunan Daerah.

“LPM mengetahui secara baik persoalan sosial  dan peluang dan tantangan di Kelurahan  termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi”ungkapnya.

Kelurahan  Alak  merupakan salah satu  pintu gerbang Ekonomi, maka itu Ketua LPM harus mampu untuk berkoordinasi dan bekerjasama  yang baik dari dalam kepengurusan LPM ini agar potensi-potensi yang unggul di Kelurahan ini bisa dikelola dengan baik.

Lanjut Yulianus, Kelurahan Alak ini kalau dikelola dengan baik dan benar oleh LPM maka kita bisa memastikan untuk menekan angka pengangguran.

“untuk itu saya minta  Ketua LPM untuk menangkap peluang dan  potensi yang ada ini, karena pemerintah tidak bisa berjalan sendiri,” harapnya.

 Sedangkan Wakil Ketua DPRD Kota Kupang Kris Baitanu,  dalam keteranganya  meminta kepada Ketua LPM yang baru dilantik  agar bekerja sama dengan pemerintah Kelurahan untuk melihat persoalan-persoalan yang ada di tingkat masyarakat.

 Kelurahan Alak ini adalah pintu masuk Pelabuhan dan kita adalah sumber Ekonomi yang ada di Kota Kupang. Dan kita juga adalah penyumbang PAD tertinggi juga kalau kita hitung secara sistematis.

Wakil Ketua DPR Kris Baitanu, menegaskan Kelurahan Alak ini harus memiliki pasar, karena dengan adanya pasar kita bisa membantu Ekonomi masyarakat dan untuk menekan angka pengangguran khususnya di Kelurahan Alak ini.

Ketua LPM terlantik Yonathan E Penu, menyampaikan terima kasih untuk seluruh pihak   atas kepercayaan yang diberikan dan siap membangun kerja sama  dengan pemerintah Kelurahan, Camat Alak, Pemerintah Kota Kupang maupun tokoh masyarakat  guna mensukseskan program-program pemerintah guna menjawab kebutuhan masyarakat di kelurahan dengan mengacu  terhadap ketentuan yang berlaku.

Sambungnya, salah agenda yang dilakukan ke depan yakni membangun kerjasama  dengan seluruh komponen untuk mewujudkan rencana pembangunan pasar dengan target memacu pertumbuhan ekonomi  dan membangun akses pariwisata. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *