Camat Taebenu : Bantuan DD Penanganan COVID-19 DiPerpanjang Sampai Desember 2020

Kupang,sonafntt-news.com.Menyikapi penyebaran covid-19 hingga kini belum berakhir Pemerintah melalui Kementerian Desa dan Tertinggal kembali memperpanjang bantuan Desa ( DD) hingga tahun 2020 guna meringankan beban yang dialami masyarakat di tengah pandemik covid-19.
“Pemerintah pusat sudah memperpanjang bantuan DD agar memudahkan warga khususnya yang mengalami dampak langsung dari covid-19 memenuhi kelangsungan hidup sehari-hari”.
Hal ini disampaikan oleh Camat Taebenu Eliaser M. Manesi,S.Sos saat ditemui awak media di ruang kerjanya selasa 13 Oktober 2020.

Eliaser M. Manesi, menjelaskan bahwa untuk mendukung kehidupan masyarakat Indonesia termasuk warga Kecamatan Taebenu Provinsi Nusa Tenggara Timur pemerintah pusat melalui Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sudah mengeluarkan keputusan No.14 Tahun 2020 mengenai prioritas penggunaan dana desa Tahun 2020. Selain itu, untuk untuk menindaklanjuti surat tersebut saya minta agar para kepala desa dan pendamping desa agar segera melakukan penyesuain pada APBDes tahun anggaran 2020 dan khususnya pada bidang penanggulangan bencana, dan mendesak untuk kegiatan bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dengan menambah jangka waktu dan besaran pemberian BLT Dana Desa kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) perbulan sebesar 300.000 untuk tiga bulan ke depan yakni Oktober- Desember Tahun 2020 sedangkan untuk desa-desa yang APBDes awal yang penganggarannya hanya menyebutkan kegiatan dana cadangan dan besar anggarannya mencukupi untuk pembayaran BLT DD wajib merubah item kegiatan dengan menyebutkan rincian agar kegiatan yang dijalankan jelas dan termuat dalam APBDes perubahan selanjutnya akan termuat dalam peraturan Bupati guna memudahkan proses penyaluran sesuai ketentuan yang berlaku.


Dalam kesempatan itu meminta para kepala desa se- Kecamatan Taebenu untuk membangun komunikasi dan kerja sama yang baik dengan melakukan musyawarah bersama BPD guna melakukan perubahan APBDes mengingat waktu efektif tahun anggaran 2020 sisa dua dua bulan. Upaya ini sebagai salah langkah yang harus dilakukan untuk mempercepat proses penyaluran BLT tahap IV-VI bagi warga yang benar-benar mengalami dampak langsung dari covid-19.

Ia juga menambahkan bahwa untuk mendukung penanganan covid-19 di Kecamatan Taebenu hingga saat ini pihaknya bersama seluruh pemangku kepentingan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah yakni rajin mencuci tangan dan saat berada di area publik wajib menggunakan masker, hanitanizer, menghindari kerumunan banyak orang, menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menjaga kebersihan diri.


“Kita harus benar-benar menjaga kesehatan dengan baik terutama memastikan imun tubuh selalu sehat dengan mengkonsumsi makan yang bergizi dan mengatur pola makan dan minum yang teratur olahraga dan istirahat yang cukup. Upaya lain yang harus dilakukan yakni terus memberikan sosialisasi dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti mengenai pentingnya melakukan pencegahan bahkan mematikan penyebabaran covid-19, yang merupakan salah satu virus yang sangat membahayakan bagi kehidupan manusia”ungkapnya. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *