Dinsos Provinsi NTT Lakukan Sejumlah Agenda Strategis Hadapi Cuaca Ekstrim Januari – April 2023

Kupang,sonafntt-news.com. Pemerintah Provinsi  Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Sosial terus bergerak memberikan pelayanan yang terbaik dan salah satunya melakukan sejumlah strategis  sebagai solusi menghadapi cuaca ekstrim pada bulan Januari -April 2023.

Demikian disampaikan  oleh  Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT Yoss Rasi,saat ditemui awak media  di ruang kerjanya, jumat 3/2/2023.

Kadis Sosial menguraikan bahwa  untuk menghadapi cuaca ekstrim sejauh ini sudah melakukan sejumlah agenda penting dimana pada  18 November  2022 seluruh kabupaten/Kota se-NTT menggelar  apel kesiapsiagaan bencana  dan kami melakukan apel  di Manupaten  yang melibatkan  Camat, lurah,Kapolsek,Koramil  serta warga setempat. Diketahui lokasi tersebut dijadikan sebagai kesiapsiagaan bencana di Kota Kupang.

Langkah lain yang dilakukan yakni kami bersurat kepada  Bapak Gubernur  NTT selanjutnya diteruskan  di Kementerian sosial untuk penyediaan stok  sebagai solusi terhadap bencana-bencana ekstrim yang  terjadi  pada  Desember  -April 2023.

Menurutnya, hasil dari surat yang diajukan  pada  awal januari 2023 kementerian sosial mengirimkan stok logistik seperti makanan siap saji yang disiapkan untuk bantuan -bantuan darurat akibat bencana.Selain itu, kami juga bersurat kepada  kementerian  sosial guna penyediaan beras  tanggap darurat.

” Ada dua model bantuan beras yakni  beras cadangan pemerintah kewenangan dari pemprov dan beras reguler. Bantuan beras yang diberikan manakala adanya laporan bencana resmi dari bupati/walikota setempat dan secara teknis Dinas Sosial akan mengajukan surat permohonan  yang berbasis data kepada kami dan selanjutnya akan diproses serta menyalurkan beras sesuai ketentuan yang berlaku sedangkan untuk bantuan logistik disalurkan mengacu surat permohonan Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota” ungkapnya.

Ia lanjut menjelaskan, untuk menghadapi cuaca ektrim pihaknya sudah membangunn kordinasi dengan Badan Pengangulangan Bencana dan  BMKG.”BMKG sebagai leading sektor  dimana menyampaikan secara detail perkembangan cuaca dan kami mensupport kebutuhan logistik sesuai kebutuhan.

Kadis Sosial juga menerangkan bahwa untuk posisi 25 Desember 2022 dilakukan penanganan bencana di Takari  Kabupaten Kupang.” Kami bersinergi dengan Badan Penanggulangan bencana  meninjau langsung banjir di Takari saat itu sudah sore banjir hampir sudah surut dan saat itu juga kepala Badan Penanggulangan Bencana menghimbau agar waspada untuk menghindari banjir lanjutan.”ungkapnya 

Dalam kunjungan tersebut  Badan Penanggulangan Bencana di serahkan bantuan beras dan  kami serahkan logistik per tanggal 2 Januari 2023 untuk penanganan bencana di Takari, Sulamu dan Pariti.Bantuan tersebut bersumber dari Sentra Efata Kupang merupakan salah satu balai  dari Kementerian Sosial dan pada tanggal 4 Januari 2023 kami bersama Bapak Gubernur melakukan kunjungan daerah bencana lanjutan  yakni di Nunkurus, Fatuleu Barat dan  Pariti pada waktu yang sama juga mendapat bantuan dari kemensos namun bantuan tersebut belum tiba kami pinjam dari Sentra Efata Kupang sesuai ketentuan  guna menyerahkan pada tiga lokasi bencana.selain itu, berdasarkan laporan  dari Dinas Sosial Kabupaten kami juga serahkan  bantuan beras  untuk daerah bencana sesuai ketentuan yang berlaku. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *