Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemdes Penfui Timur Gelar Festival Seni Budaya & Olahraga

Kupang,  Sonafntt-news.com.  Pemerintah Desa  Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang Kupang, Nusa Tenggara Timur  terus bergerak melakukan langkah-langkah konkrit meningkatkan pembangunan dan salah satunya menggelar Festival Seni Budaya dan Olahraga.

Kegiatan tersebut diawali  dengan Karnaval dari SDN Kaniti menuju lokasi yang diikuti oleh Plt.Camat Kupang Tengah, Jajaran Pemerintah Desa, Anggota BPD, tokoh masyarakat, para siswa/i SD, SMP asal Desa Penfui Timur dan pemuda setempat, 1/7/2023.

Kepala Desa Penfui Timur  Zem Tafoki dalam keterangannya menjelaskan bahwa  Festival Seni  Budaya  dan    Olahraga  yang digelar merupakan salah satu  agenda strategis yang dicantumkan dalam visi dan misinya  dengan tujuan mengangkat dan melestarikan kembali  budaya yang sudah diwariskan oleh orang tua.

“Budaya sebagai salah satu kekuatan yang harus dirawat dan dikelola secara efektif, misalnya  tenun ikat dan tarian-tarian budaya jika dikemas  dengan produktif dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa bahkan tenun ikat bisa dipasarkan di berbagai tingkatan untuk menunjang kehidupan ekonomi warga” ungkapnya.

Menurutnya, saya ingin angkat kembali budaya yang  ada seperti tarian-tarian dan momen  ini menjadi ruang edukasi bagi anak-anak  di  bangku pendidikan untuk mengetahui lebih banyak tentang pentingnya nilai-nilai budaya sebuah daerah.

Ia lanjut menerangkan dana desa belum terealisasi namun kami sudah membentuk masing-masing sepuluh  kelompok kerja  tenunan  dan menjahit.Selain itu, juga bentuk empat kelompok kerja  pangan lokal dan peternak babi   guna mengembangkan bakat yang dimiliki para guna  pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan itu kades Penfui Timur menyampaikan terima kasih kepada Anugerah Motor, Yayasan Feliks Maria Go, CV.Surya Sejahterah 88, Bapak John Sabaat, Agus Sabaat, jajaran pemerintah Desa, polsek Kupang Tengah dan jajarannya, tokoh masyarakat, para guru, tokoh pemuda,panitia pelaksana  dan seluruh pihak yang dengan caranya menyukseskan kegiatan ini dengan baik dan kiranya semangat ini terus di rawat  dengan tujuan meningkatkan pembangunan desa di segala aspek menuju daerah yang maju terutama mandiri secara ekonomi.

Sementara  Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan  Danial Nabunome, Spd menjelaskan Tarian adat  yang ditampilkan dalam kegiatan ini  dari berbagai suku yang berdomisili  di Desa Penfui Timur.Adapun jenis kegiatan yang di lombakan yakni   Tarian Tradisional, Tari Kreasi, Tarian Modern, Fashion Show, poco-poco bagi ibu-ibu dan lomba tumpeng ibu kayu bagi bapak-bapak antar RT sedangkan untuk kegiatan olahraga yang dilombakan bola voly putra putri, futsal putri dan lomba Stan hasil ketranpilan dan kreasi

Dalam kesempatan itu, sekertaris Panitia Festival Seni  Budaya dan    Olahraga Yanner Tabati juga menerangkan bahwa pelaksanaan kegiatan festival budaya yang dilakukan perdana untuk Kecamatan Kupang Tengah dengan tujuan mengembangkan bakat   kaum muda dan   tetap melestarikan budaya yang ada  karena yng selama ini dilihat kaum muda lebih mentransformasi budaya luar negeri. 

“Saya mengaresiasi langkah dilakukan  Kepala Desa  dan jajarannya  terutama menggelar event  Fesituv berbasis budaya.ini langkah strategis untuk melestarikan budaya lokal terutama dalam kesenian,dan bakat yang ada dalam kaum muda”ungkapnya.

Ia menambahkan  kepala Desa Penfui Timur  hingga saat ini cukup peduli menyelesaikan 

 setiap kasus terkait pidana dan perdata secara kekeluargaan atau adat dengan  tujuan  menjunjung tinggi nilai-nilai adat yang berlaku dan mengurangi pengeluaran keluarrga bersangkutan. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *