Dukung Penanganan Covid-19, Tim Satgas Belu Lakukan Simulasi Pengadaan Konter Khusus

Atambua,SonafNtt- News.Com Dalam rangka mendukung percepatan penangangan covid-19,Tim Satgas Kabupaten Belu melakukan simulasi  pengadaan konter khusus dengan tujuan mempermudah pengawasan di kawasan perbatasan Lintas Batas Negara (PLBN ) RI – RDTL Motaain termasuk menekan angka covid-19 bahkan sebagai solusi mencegah berbagai virus yang mengganggu kenyamanan hidup banyak orang.

Pantauan media ini, kegiatan tersebut berlangsung  di Pos Lintas Batas Negara (PLBN ) RI – RDTL Motaain, Senin (10/1/2022 ).Turut dihadiri oleh beberapa unsur Instansi diantaranya yaitu Imigrasi Atambua, BNPP, Kesbangpol dan Satpol PP Kabupaten Belu.

 Kepala Imigrasi Kelas II TPI Atambua, K.A. Halim mengatakan bahwa, Kegiatan simulasi ini dilaksanakan secara non formal dan tanpa ada perencanaan sebelumnya. 

Sambung Halim, Tujuan dari pengadaan konter khusus tersebut dimaksudkan untuk : 

1) Mempermudah pengumpulan paspor seluruh pelintas di PLBN Motaain dengan maksud agar pelintas mematuhi peraturan tim satgas terkait kewajiban Karantina selama 7 hari di tempat-tempat yang telah ditentukan.

2) Mempermudah pelintas mendapatkan informasi terkait maksud dan tujuan pengumpulan paspor.

3) Mempermudah pelintas mendapatkan informasi terkait kewajiban karantina selama 7 hari serta informasi tempat-tempat karantina yang ditunjuk oleh Tim Satgas Covid-19 Kabupaten  Belu.

4) Mempermudah pelintas mendapatkan keputusan dari tim Satgas Covid-19 Kab Belu terkait pengecualian dari kewajiban karantina.

5) Mempermudah koordinasi antar instansi yang menjadi bagian dari Tim Satgas Covid-19 Kab Belu terkait penanganan pelintas, pengelolaan paspor yang dikumpulkan, serta penanganan setiap kendala yang terjadi di lapangan.

6) Meminimalisir kesalahan, kehilangan dan kerusakan paspor yang dikumpulkan mulai dari pengumpulan paspor sampai dengan penyerahan paspor kepada pemilik paspor pada hari ke -7 setelah karantina.

” Konter Khusus tersebut disepakati terdiri dari 2 Orang petugas BNPP, 2 Orang Petugas dari Satgas Covid – 19 Belu dalam hal ini adalah pegawai /pejabat Kesbangpol, 2 Orang Petugas Imigrasi Atambua dan 2 Orang Petugas dari Satpol PP Kab. Belu,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya itu.

Lanjut Kepala Imigrasi Atambua ini, Kesepakatan penempatan petugas tersebut, terutama di hari Senin dan Rabu pada jam layanan perlintasan yaitu mulai pukul 09.00 WITA s.d pukul 15.00 WITA.

Konter khusus tersebut ditempatkan setelah pemeriksaan CIQ sebelum pintu keluar Gedung Utama kedatangan PLBN Motaain,” tulisnya dalam keterangan tertulisnya itu.(DF/SN ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *