DWP Kota Kupang Gelar Musda Ke- IV

Kupang,sonafntt-news com.Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kupang, menyelenggarakan Musyawarah Daerah IV, pada Jumat (16/10) bertempat di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang. Terakhir kali terlaksana pada tahun 2015 lalu, Musda DWP Kota Kupang kembali digelar setelah dijabat oleh ketua yang baru, Ny. Lousje Marlinda Funay-Pellokila. Hal ini berdasarkan amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Dharma Wanita Persatuan hasil Musyawarah Nasional tahun 2019, bahwa jabatan Ketua DWP ex-officio diamanatkan kepada istri Sekda definitif tanpa proses pemilihan dan ditandai dengan serah terima jabatan dan penyerahan memorandum dari Ketua DWP periode sebelumnya kepada ketua DWP yang baru.

Musda IV dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Kupang yang juga sebagai Penasehat DWP Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, SE, M.Si dan diikuti oleh 150 peserta terdiri dari Badan Pengurus DWP Kota Kupang dan unsur pelaksana dari Dinas, Badan, Kantor, Bagian dan Kecamatan lingkup Pemkot Kupang. Turut hadir dalam pembukaan Musda IV, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kupang, Ny. Elisabeth Man – Rengka yang juga selaku Penasehat DWP.

Sekda Kota Kupang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya digelar musyawarah daerah. “Musda merupakan momentum yang tepat untuk melakukan evaluasi secara internal tentang apa yang sudah dilakukan DWP Kota Kupang sebelumnya dan apa yang akan dilakukan kedepan dalam rangka mendukung program-program pemerintah yang tertuang dalam visi dan misi pemerintah Kota Kupang,” ujarnya.

Disebutkan Sekda, Pemerintah Kota Kupang sangat menyadari peran penting Dharma Wanita dalam roda pemerintahan dan proses pembangunan di kota ini. “Selain berperan mendukung dan mendorong para suami memberikan kinerja terbaiknya, Dharma Wanita juga menjadi cermin para suami serta teladan bagi masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, pemerintah perlu memberikan dukungan baik secara moril maupun lewat kebijakan anggaran untuk setiap program-program kerja DWP Kota Kupang terutama yang mendukung visi-misi Pemkot Kupang. Dia berharap dalam musda ini akan lahir ide-ide inovatif yang bisa disumbangkan untuk menyokong pembangunan Kota Kupang. Selain itu, DWP juga diharapkan bisa menggagas kegiatan-kegiatan kreatif seperti pelatihan-pelatihan yang bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi para anggota serta warga, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19.

Kepada para pengurus dan anggota DWP, Sekda berpesan agar senantiasa menjaga kekompakan serta menjalin kerja sama dan komunikasi yang baik antara sesama anggota. Apalagi dengan kehadiran ketua yang baru, DWP Kota Kupang diharapkan semakin aktif dan inovatif mendukung pemerintahan Kota Kupang lewat aneka program kegiatannya.

Sebelumnya dalam sambutan Ketua DWP Kota Kupang, Ny. Lousje Marlinda Funay – Pellokila mengatakan bahwa Musda IV ini mengangkat tema Optimalisasi Kinerja DWP sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk suksesnya pembangunan Nasional. Mengacu pada tema tersebut, dikatakannya DWP Kota Kupang menyatakan sikap untuk terus mendukung Pemerintah Kota Kupang dalam berbagai aspek pembangunan karena DWP adalah mitra pemerintah.

Ketua DWP pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa sebagai istri ASN wajib dan penting masuk dalam anggota DWP, “Selain mendukung suami dalam bekerja dan berkarir kita juga diberi kesempatan untuk belajar berorganisasi,” ujarnya. Dikatakannya ibu-ibu harus bangga sebagai anggota DWP, “Organisasi DWP adalah organisasi perempuan terbesar dan terbanyak di Indonesia sehingga ibu-ibu harus bangga telah jadi bagian dari anggota DWP karena tidak semua ibu-ibu di beri kesempatan untuk ada dalam organisasi ini,” ucapnya.

Bagi anggota DWP Kota Kupang, Ny. Linda Funay berpesan agar menjadi perempuan yang cerdas dan berkelas, “perempuan cerdas tahu kekuatan dan kekurangannya sendiri yang terpenting paham akan apa yang dikerjakan dan direalisasikan. Perempuan berkelas tahu menghargai dirinya dan yang tidak suka menilai apapun apalagi menghakimi orang lain dengan gosip dan fitnah. Kita harus bangga dijuluki sebagai perempuan cerdas dan perempuan berkelas,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Ketua DWP dihadapan para peserta Musda, menyampaikan terimakasih atas dukungan dari Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kupang, sekaligus menyampaikan pesan dari Ketua TP PKK Kota Kupang agar berkolaborasi untuk pencegahan stunting dan gizi buruk yang ada di Kota Kupang.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana, Ny. Eli Suryani Manafe, menyebutkan tujuan Musda IV dilaksanakan selama dua hari ini (16-17 Oktober 2020), selain menjalankan amanat AD-ART DWP yaitu sebagai tindak lanjut Munas dan Musyawarah Daerah tingkat Provinsi juga terdapat beberapa agenda lainnya. Diantaranya, penyampaian program kerja tahun 2021 dari Sekretariat dan para Kepala Bidang untuk dapat diusulkan pada Pemerintah Kota Kupang, Musda akan menetapkan kebijakan dan arah organisasi DWP Kota Kupang 5 tahun ke depan, menghasilkan rumusan atau rekomendasi Musda yang merupakan acuan bagi pengurus yang baru, sebagai ajang sosialisasi Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga DWP dan juga untuk pengesahan Badan Pengurus DWP Kota Kupang periode 2020-2025 yang akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2020 yang pengukuhannya oleh Ketua DWP Provinsi NTT. (ghe/Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *