FST Undana Gelar Debat Bahasa Inggris

Kupang, Sonafntt-news.com. Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana (FST Undana) menggelar lomba Debat Bahasa Inggris (English Debate Competition) bagi mahasiswa-mahasiswi utusan 11 Program Studi yang ada di bawah naungan FST. Debat tersebut mengusung tema “Improve Your English Through Battle of Ideas”, bertempat di Ruang Teather Gedung Rektorat Undana Lt. 3, Kupang (Sabtu, 18/3/2023).

Ketua panitia lomba tersebut, Gusnawati, ST. M.Eng dalam sambutannya menjelaskan, bahwa kegiatan debat tersebut merupakan dukungan FST Undana terhadap program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah terlaksana secara nasional sejak tahun 2008, yakni National University Debating Championship (NUDC).

Tujuannya yaitu meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan FST Undana, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan, dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa FST Undana, meningkatkan kemampuan mahasiswa FST Undana untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga mahasiswa FST Undana mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Tujuan lain, mengembangkan kemampuan mahasiswa FST Undana dalam menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis, dan memperkuat karakter mahasiswa FST Undana melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional serta alternatif pemecahannya melalui kompetisi debat.

Kegiatan DBI FST Undana dilaksanakan dalam bentuk kompetisi ide, yang dituangkan dalam debat dengan system British Parliamentary (BP).

“Pada awalnya panitia menargetkan Peserta Debat Bahasa Inggris FST Undana Tahun 2023 ini hanya 15 tim dari 11 Prodi yang ada, namun dalam perjalanannya yang mendaftar sebanyak 20 tim, namun kemudian mundur 2 tim sehingga yang siap tampil hari ini sebanyak 18 tim,” jelas Gusna.

Delapan belas (18) tim tersebut mengikuti babak penyisihan (Preliminary round). Selanjutnya 8 tim terbaik dari babak penyisihan akan lanjut ke babak semifinal. Empat (4) tim terbaik dari semifinal akan lanjut ke babak final dan hingga akhirnya diperoleh juara I hingga juara IV.

Prof. Philiphi de Rozari, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D., selaku Dekan FST Undana pada kesempatan bicaranya memaparkan, bahwa kesempatan mengikuti event seperti ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk mahasiswa saat ini.

“Anda tidak hanya memiliki kesempatan untuk mengeksplor potensi yang Anda miliki, tetapi Anda punya kesempatan bertemu dengan juri-juri yang sangat kompeten. Oleh karena itu, hendaknya Anda menyimak sekaligus menyerap poin-poin yang disampaikan oleh Dewan Juri,” saran Philiphi.

Setelah melewati babak demi babak, akhirnya diperoleh juara-juara DBI FST Undana. Juara I diraih oleh tim Linjur (Lintas Jurusan) Arsitektur – Ilmu Komputer. Juara II diraih oleh tim Crane dari Prodi Teknik Sipil. Juara III diraih oleh tim Sipil 2 dari Prodi Teknik Sipil dan Juara IV diraih oleh tim Chemistrill dari Prodi Kimia. Sedangkan Juara Favorit pilihan Dewan Juri diraih oleh tim The Beginner dari Prodi Teknik Elektro, FST Undana.

Untuk hadiah, Juara I-III selain mendapatkan piala, juga mendapatkan hadiah uang, masing-masing sebesar; Rp.2.000.000, Rp. 1.750.000, dan Rp. 1.500.000. Sedangkan Juara IV dan Favorit pilihan Dewan Juri mendapat uang, masing-masing sebesar; Rp. 1.250.000 dan Rp. 1.000.000. Dua debater terbaik akan mewakili FST Undana ke tingkat Universitas, berlaga dengan tim-tim dari fakultas-fakultas lainnya di Undana.

Paulus R.A. Ully, salah satu peserta menyampaikan apresiasi positifnya terhadap kegiatan ini. Baginya, kegiatan ini memberi kesempatan untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya secara lisan menyampaikan ide hasil analisis dan pemecahan masalah/solusi terkait mosi dari topik debat yang diberikan.

“Terima kasih kepada FST Undana yang telah menggelar kegiatan ini, banyak kekurangan yang kami miliki namun panitia selalu membangun semangat kami dari awal kami mendaftar hingga hari ini, sehingga kami pun jadi semangat mengikuti kegiatan dan menampilkan potensi terbaik kami,”ucap Adi.

Kegiatan DBI terlaksana selain dengan pendanaan dari FST Undana sendiri, juga dari dukungan sponsorhip. Sponsor kegiatan, antara lain; PT. Pegadaian Area Kupang, KSP- FST Undana, BPU Undana, Hasta Advertising, Depot Flobamor, Fried Chicken Brottus, Bakon Bordir Komputer, RTD Group, Jabal Mart, Semau Outbond Sports (SOS), UD. Suriani, D’ Bumaks, dan Toko Andayani. Pihak FST Undana mengucapkan terima kasih kepada semua sponsor kegiatan. (Gsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *