Generasi Muda Harus Berani Lestarikan Patriotisme Raja Sobe Sonbai III

Kupang,sonafntt-news.com. Generasi muda memiliki peran yang besar dan merupakan salah satu penggerak utama pembangunan sebuah daerah termasuk di Nusa Tenggara Timur.Oleh karena itu harus belajar melakukan berbagai terobosan serta harus pula berani melestarikan semangat patriotisme dari raja Sobe Sonbai III yang sangat gigih berjuang merebut kemerdekaan dan mempertahankan tanah Timor dari penjajahan belanda.
Pemuda harus memiliki gagasan –gagasan besar ,kritis, konstruktif dan terlibat aktif dalam proses pembangunan daerah di tengah perkembangan dunia yang sangat kompleks. Pemuda harus optimis dan memiliki sikap juang juang tinggi serta harus menjaga nilai-nilai budaya yang sudah diwariskan oleh leluhur.

Hal ini disampaikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Kupang Periode 2019-2024 Antonius Natun disela-sela memperingati mangkatnya raja Sobe Sonbai III ke-98 tahun yang dilaksanakan di Sonaf Nai Me, Fontein Kota Kupang , sabtu 22 Agustus 2020.
Kegiatan ini dihadiri oleh Para Usif,Meo sedaratan Timor,Kepala Suku sedaratan Timor, Bupati Malaka, Bupati TTU,Ketua DPRD NTT Ir.Emilia Nomleni, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi NTT Johana E.Lisapaly dan tokoh masyarakat se- daratan Timor.

Antonius Natun menjelaskan bahwa generasi muda harus menjalankan tugas dan perannya dengan baik terutama merawat nilai-nilai yang sudah diwariskan oleh leluhur karena nilai budaya yang ada sebagai simbol kekuatan dan hal ini harus didorong untuk kemajuan pembangunan daerah dengan memanfaatkan potensi yang ada.
Selain itu, pemuda juga harus belajar dan mampu mengetahui dengan baik dan benar sejarah perjuangan raja-raja dalam membangun NTT termasuk siklus terbentuknya sistem pemerintahan Timor pada saat itu.

Anggota DPRD dua periode lanjut mengungkapkan bahwa sejarah membuktikan para raja yang telah berjuang dengan berani untuk merebut kemerdekaan dan mempertahankan tanah Timor dari penjajahan dan hal ini harus diperhatikan dengan baik oleh pemerintah karena tanpa perjuangan mereka termasuk raja Sobe Sonbai III kita tidak menikmati kemerdekaan.
Ia meminta agar Situs Sonbai dan situs raja-raja Timor yang diakui oleh konstitusi dapat diperhatikan dengan baik oleh pemerintah sehingga memberikan edukasi kepada masyarakat luas dan khususnya generasi muda mengenai pentingnya mengenang dan menghormati para raja yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajahan belanda
Upaya lain yang harus dilakukan yakni dokumen-dokumen sejarah perjuangan para raja timor harus dicatat secara baik dan disimpan pada instansi terkait dan harus diabadikan dalam bentuk nama jalan yang bisa diceritakan untuk generasi penerus.

Dalam kesempatan itu, Anton Natun mengatakan bahwa Almarhum Timotius Natun yang juga orangtua kandungnya memiliki peran besar dalam pembangunan patung Sonbai Pertama tahun 1980 dan untuk diketauhi mereka bagian dari keturunan meo faot dan siap mendukung langkah selanjutnya yang dilakukan oleh keluarga sonbai bersama pemerintah dengan tujuan menjaga dan menghormati serta melestarikan nilai –nilai budaya yang telah diwariskan oleh leluhur terutama perjuangan para raja timor mengusir penjajah sebagai wujud cinta mempertahankan Negara dan daerah.(Mf).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *