Gubernur NTT Bebastugaskan Kadis Kesehatan, & Sekdis DKKPS DiMutasikan 

Kupang,sonafntt-news.com.Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memberhentikan atau membebastugaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT Dr.Messerasi Ataupah Sedangkan Sekretaris Dinas (Sekdis) DKPPS NTT, David Mandala dimutasikan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) NTT.

Demikian informasi yang dihimpun Tim Media ini dari sumber yang layak dipercaya di Dinas KKP NTT. Menurutnya, Ataupah dibebastugaskan dari jabatan sekitar 3 bulan. Sedangkan Mandala dimutasikan ke Dinas Penanaman Modal dan PTSP NTT.

“Kadis Maserasi Ataupah dibebastugaskan dengan mengambil cuti panjang dan disuruh beristirahat sekitar 3 bulan oleh Gubernur. Sedangkan Sekdis David Mandala dimutasi ke Dinas Penanaman Modal dan PTSP NTT. Mandala bertukar jabatan dengan Sam Halundaka (Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal DPMPTSP,” ujar sumber yang dihubungi media ini melalui telepon selulernya, Selasa (22/6/21) pagi tadi.

Menurutnya pelantikan Mandala dan Halundaka telah dilakukan Senin (21/6/21) kemarin. “Pelantikannya sudah dilakukan. Mereka bertukar tempat. Mandala sebagai Kabid Promosi dan Penanaman Modal di DPMPTSP NTT. Dan Halundaka sebagai Sekretaris Dinas KKP NTT. Tadi pagi mereka sudah dilantik di Dinkes NTT oleh Asisten III Setda NTT, Yohana Lisapaly,” jelasnya sekaligus mengirim foto Mandala dan Halundaka usai pelantikan.

Untuk mengisi kekosongan dua jabatan tersebut, Gubernur Laiskodat menunjuk Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTT, Henderina Laiskodat sebagai Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) Kadis KKPS NTT dan Sammy Halundaka sebagai Sekdis KKPS NTT.

Ia menjelaskan, pembebastugasan Ataupah dan dimutasikannya Mandala tersebut terkait berbagai masalah di Dinas KKPS NTT. “Salah satunya terkait masalah hilangnya Alat Pelindung Diri (APD) dan Barang Habis Pakai (BHP) Covid-19 di Gudang Farmasi Dinas KKPS NTT,” ungkap sumber yang enggan disebutkan namanya.

Untuk mengisi kekosongan pejabat di Dinas KKPS NTT untuk sementara, lanjutnya, Gubernur Laiskodat menunjuk Ina Laiskodat sebagai Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) Kadis KKPS NTT. “Gub tunjuk Kepala BKD, Ina Laiskodat sebagai PLT. Kadis NTT dan Sam Halundaka sebagai Sekretaris,” bebernya.

Menurutnya, Gubernur Laiskodat akan berkantor di Dinkes NTT minggu depan. “Sesuai rencana, Gubernur Laiskodat akan berkantor di Dinas Kesehatan NTT pada Rabu (23/6/21). Sekarang (Sabtu, 19/6/21, red) gubernur ada di Bali. Rencananya gubernur akan berkantor di Dinas KKPS NTT pada Hari Rabu (23/6/21). Karena itu, para pegawai Dinas Kesehatan NTT sudah mulai melakukan kegiatan bersih-bersih sejak pagi tadi (Jumat 18/6/21),” ujarnya.

Sementara itu, sumber lainnya juga mengungkapkan hal yang senada kepada Tim Media ini pada Senin (21/6/21). “Gubernur menonaktifkan Kadis Mese Ataupah dan Sekretaris David Mandala,” tulisnya melalui pesan Whatsapp/WA.

Menurutnya, PLT. Kadiskes NTT, Henderina Laiskodat telah memimpin rapat perdana di dinas tersebut pada Senin (21/6/21) pagi. “Tadi pagi Ibu Ina Laiskodat sudah pimpin rapat perdana di Dinas Kesehatan NTT,” tulisnya sekaligus mengirim foto PLT. Kadis KKPS, Ina Laiskodat yang sedang memimpin rapat perdana.

Kepala Dinas KKPS NTT, Maserasi Ataupah yang berusaha dikonfirmasi Tim Media ini via pesan WA tidak memberikan respon walaupun pesan tersebut telah dibaca.

Sementara itu, Sekretaris Dinas KKPS yang baru dilantik, Samuel Halundaka yang dikonfirmasi via pesan WA pagi tadi, membenarkan bahwa ia telah dilantik sebagai Sekretaris Dinas KKPS NTT pada Senin (21/6/21) di Dinas KKPS NTT oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda NTT atas nama Gubernur NTT.

“Iya kami berganti tempat kerja saja. Mutasi dan rotasi itu biasa bagi setiap ASN. Sebagai ASN, saya siap ditempatkan dimana saja di Republik ini,” ujarnya. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *