Gubernur pastikan Warga Rote Ndao terdampak bencana tidak terisolir, sehat & tidak lapar

Rote Ndao,Sonafntt-news.com.Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) kembali mengunjungi Kabupaten Rote Ndao kedua kalinya, Sejak terjadinya bencana badai siklon tropis seroja. kunjungan pertama dilaksanakan pada Kamis (8/4) dengan menggunakan pesawat dukungan PT. Garuda Indonesia seri ATR 72-600. Selanjutnya hari Jumat (16/4) dengan menggunakan Pesawat Carter Wings Air seri ATR 72-600.

Hari ini, Jumat (16/4) Gubernur VBL di dampingi Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu memantau Pulau Ndao dan Nuse dengan menggunakan Helikopter BNPB dari Bandar Udara D.C. Saudale Ba’a.

Gubernur Laiskodat yang selesai mengunjungi Pulau Ndao dan Nusa langsung memerintahkan Kabag Protokol Agar mengkoordinasikan dengan Dinas terkait untuk adanya kapal Pemerintah yang berlabuh di wilayah tersebut untuk mempermudah pergerakan masyarakat dan barang.

“Segera koordinasikan dengan Kadis Perikanan, Kadis Perhubungan untuk mengirimkan Kapal dan berlabuh disana (Ndao dan Nuse), kasihan, masyarakat disana susah, bantu mereka untuk penyebrangan dan distribusi logistik serta Ibu Bupati agar mengkoordinasikan dengan para nelayan di Nembrala dan Ba’a agar perahunya dipake transportasi bagi masyarakat pulau Ndao dan Nuse ke Rote ,” ucap Gubernur

Selanjutnya Gubernur Viktor didampingi Bupati Rote Ndao bersama rombongan mengunjungi Desa Kuli Aisele, wilayah translok yang terdampak bencana dimaksud untuk memastikan masyarakat di tempat pengungsian dalam kondisi sehat dan ketersediaan logistik cukup serta adanya dukungan Pemerintah terhadap kondisi rumah masyarakat terdampak bencana.

“Apakah basodara semua sehat?sehat bapa, apakah makanan disini cukup?cukup bapa gub (jawab masyarakat), oh…baik sudah, tenang saya, ungkap Gubernur. Bapa dan mama semua, terkait kondisi rumah yang rusak, Pemerintah Pusat akan menggantinya dengan uang sebesar Rp. 10.000.000 untuk kondisi rusak ringan, Rp. 25.000.000 untuk kondisi rusak sedang dan Rp. 50.000.000 untuk kondisi rusak berat. tetapi bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat, tidak diberikan uang tetapi dibangunkan langsung oleh Pemerintah untuk keseragaman dan menghindari ketimpangan dan terkait kebutuhan embung dan irigasi silahkan didata dan diajukan, sehingga melalui Dinas PUPR Provinsi akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dalam bentuk usulan untuk dianggarkan dan direalisasikan.” Jelas Gubernur Laiskodat

Sementara itu, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu menyampaikan apresiasi atas dukungan Bapak Gubernur terhadap masyarakat Kabupaten Rote Ndao yang terdampak bencana khususnya kawasan translok di desa Kuli Aisele.

“Bapak Gubernur bersama saya meninjau Pulau Ndao dan Nuse, setelah itu langsung kesini (daerah translok, Desa Kuli Aisele), terdapat 38 KK yang terdampak bencana tetapi mereka semua dalam kondisi baik, kami juga berterimakasih kepada Pak Dandim 1627/Rote Ndao, Letkol. Inf. Educ Permadi Eko yang telah mendukung pembangunan Dapur umum di Rote Ndao.” Ungkap Bupati Paulina.(**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *