Hengky Lianto Terima Pos Kupang Award 2023 sebagai Tokoh Penggerak Perkebunan di NTT

Kupang,Sonafntt-news.com. Hengky Lianto, 69 tahun, pengusaha perkebunan Legendaris asal Kupang NTT, menerima penghargaan Pos Kupang Award sebagai tokoh penggerak perkebunan di Nusa Tenggara Timur. Acara yang dihelat  oleh Pos Kupang dalam acara hari ulang tahun Pos Kupang, yang ke-31 tahun pada 1 Desember 2023, acara ini dihelat di Hotel Aston, Ballroom Hotel Aston tanggal 11 Desember dengan memberikan award kepada 40 tokoh universitas yayasan, koperasi, dan organisasi lainnya. 

Dalam acara ini, hadir yang mewakili PJ Gubernur NTT, juga DPRI asal Flores Bapak Melki Mekeng, serta senator DPD RI Bapak Insinyur Abraham Lianto, juga beberapa Bupati, Bupati Kupang, Bupati Malaka, wakil Bupati Rote, dan juga yang mewakili Bupati Belu, serta hadir juga rektor Undana, serta rektor UCB. Acara yang dihadiri oleh sekitar 300 lebih undangan memberikan award kepada para tokoh penggerak di Nusa Tenggara Timur. 

Hengki Lianto dikenal sebagai pelopor perkebunan di Nusa Tenggara Timur menyampaikan bahwa apa yang dia terima ini dipersembahkan kepada para petani, para staf karyawan, masyarakat, dan anak-anak keluarga, yang berjumlah ribuan orang yang berada di dalam perkebunan hutan kakao di Sumba dan di Malaka, serta seluruh staf dan karyawannya yang telah bekerja keras selama 30 tahun. Hengky Lianto yang adalah Ayah dari Ketua Umum KADIN NTT Bobby Lianto  juga menyampaikan bahwa untuk membangun perkebunan di NTT memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan semangat dan kemauan yang kuat. Puji Tuhan, perkebunan ini dapat berjalan sampai hari ini tanpa dia pernah memperkerjakan  karyawannya yang begitu banyak. 

Hengky Lianto yang telah dikenal di dunia perkebunan berawal dari sebagai kontraktor yang mensupply bibit kopi dan kakao serta perkebunan lainnya di seluruh NTT bahkan sampai ke timur-timur. Beberapa yang membanggakannya adalah bibit-bibit kopi andalan yang diantar dan ditanam di pulau Flores, Bajawa, Manggarai   Timur, Manggarai   yang hari ini sudah menjadi super penghasilan bagi masyarakat di sana. Dan akhirnya beliau tertantang untuk berinvestasi di bidang perkebunan. Berawal di Kabupaten Malaka   tetapi karena luasannya yang tidak cukup, maka beliau melanjutkannya dan mendapatkan di daerah Sumba Barat, Gaura. Yang kemudian pada tahun 2015 berhasil terpilih mendapatkan International Coco Awards di Salon du Chocolat Paris, Prancis dengan membanggakan membawa nama Indonesia pertama kalinya mendapat penghargaan sebagai salah satu biji kakau terbaik di dunia. 

Penghargaan demi penghargaan, Hengky Lianto juga mendapatkan penghargaan di Indonesia sebagai juara satu nasional dan juga sebagai juara dua pada tahun lalu sebagai perkebunan yang menghasilkan biji kakao terbaik di Indonesia. Menutup dalam sambutannya Hengky Lianto menyampaikan bahwa terima kasih dan mohon dukungan kepada para pemerintah, khususnya pemerintah Kabupaten Malaka dan Sumba Barat yang saat ini beliau sedang memperpanjang HGU perizinan lahan perkebunannya. Yang telah menafkahi ribuan orang bahkan telah ribuan anak lahir dalam perkebunannya. Untuk itu Henky Lianto meminta dukungan penuh dari pemerintah provinsi dan juga pemerintah daerah dalam hal ini Kabupaten Malaka dan Sumba Barat agar ini bisa menunjukkan kepada dunia investasi bahwa pemerintah daerah di NTT sangat mendukung investasi sebagai contoh bukti nyata yang ada dan telah ada di NTT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *