Ibadah Oekumene Kanim Kupang : Selalu Bersyukur Kepada Tuhan dalam Segala Hal

Kupang, Sonafntt-news.com.  Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang (Kanim Kupang), Pegawai Kanim Kupang, PPNPN serta mahasiswa praktek yang beragama Kristen mengikuti Ibadah Oikumene, pada Jumat (21/07/2023).

Ibadah Oekumene Kanim Kupang ini dibuka oleh Kepala Kanim Kupang, Darwanto. “Jaga kesehatan, jaga diri, jaga akhlak, budi dan tutur kata agar tercermin dalam kehidupan kita bahwa kita adalah manusia yang beriman khususnya sebagai seorang Aparatur Sipil Negara” ucap Darwanto, sembari berharap agar kegiatan ibadah seperti agar tetap dilakukan secara rutin.

Ibadah kali ini dipimpin oleh RD. Marianus Damian Kopong Miten yang akrab dipanggil Romo Aris Miten. Romo Aris mengkhotbahkan Firman Tuhan dari Injil Lukas pasal 17 ayat 11-19 mengenai sepuluh orang kusta yang disembuhkan oleh Tuhan Yesus dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem. Dari kesepuluh orang tersebut, hanya seorang yang kembali untuk memuliakan Allah dan bersyukur. Untuk itu dalam khotbahnya, Romo Aris menitikberatkan untuk kita senantiasa bersyukur.

Romo Aris kemudian menganalogikan dengan sebuah cerita mengenai seorang mandor yang menjatuhkan sejumlah uang dari tempatnya berdiri dari ketinggian sebuah bangunan mengenai seorang pegawai proyek yang berada dibawahnya, tanpa ragu pegawai tersebut mengambil uang tersebut tanpa menoleh  ke atas dan hal tersebut berlangsung beberapa kali. Namun ketika Mandor tersebut menjatuhkan sebuah batu kerikil dari atas dan mengenai pegawai proyek di bawahnya, pegawai tersebut langsung menoleh ke atas.

Hal tersebut dihubungkan dengan kehidupan kita yang terkadang saat kita telah menerima banyak berkat, kita melupakan Tuhan, tidak bersyukur atau tidak “melihat ke atas”. Namun ketika kita terkena cobaan, kita langsung “menoleh ke atas” dan memohon diberi kekuatan oleh sang pencipta.

“Apapun yang kita alami dalam kehidupan ini, baik susah maupun senang, jangan pernah lupa untuk “melihat keatas” dan bersyukur kepada Tuhan”, demikian pesan yang disampaikan Romo Aris.

Kegiatan ibadah yang berlangsung kurang lebih satu jam ini berjalan lancar. Walaupun berlangsung dengan singkat namun tidak mengurangi makna dan berkat yang diberikan dalam ibadah ini. Kegiatan ibadah Oekumene ini diharapkan untuk rutin dilakukan karena sangat berguna untuk menguatkan mental dalam iman dan kepercayaan untuk pegawai Kanim Kupang secara khusus dan secara umum di lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone. (YP/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *