Jamin Keamanan Ruang Siber- Kumham Launcing CSIRT, Kupang Ikuti secara Daring

Kupang,Sonafntt-news.com. Imigrasi Kupang mengikuti kegiatan Launching Computer Security Incident Response Team Kementerian Hukum dan HAM (Kumham-CSIRT)  dengan tujuan menjamin keamanan Ruang Siber  Internal dari berbagai gangguan baik secara internal dan Ekternal. 

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom ini diikuti oleh seluruh unit pelaksanaan teknis yang berada dibawah Kementerian Hukum dan HAM RI. Imigrasi Kupang sendiri diwakili oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang,  Darwanto   Kasanegara,SH,MH, peserta jajaran pejabat struktural pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, selasa (14/06/2022).

Acara launching diawali dengan pelaporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemenkumham, Hermansyah Siregar dan sambutan yang dibawakan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto dan diakhiri dengan peluncuran Kumham-CSIRT.

Dalam sambutannya Hinsa mengatakan bahwa CSIRT adalah bentuk pengamanan terhadap ruang siber terhadap segala macam ancaman yang terjadi di ruang siber itu sendiri. 

“Ancaman tersebut adalah ancaman hybrida seperti kontrol informasi, spionase dan pencarian data untuk merusak”, demikian Hinsa menjelaskan. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ancaman tersebut juga bisa  bersifat teknis dan bersifat  sosial. Menurutnya, CSIRT inilah yang hadir sebagai bentuk pengamanan terhadap ancaman yang bersifat  teknis tersebut.

Sementara Andap dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini kita sedang memasuki dunia siber. “Masa depan sudah ada didepan kita. Barang siapa yang menguasai tech-teritorry maka dia yang akan tampil sebagai pemenang”, tegasnya saat itu. Menurutnya, kerangka pola berpikir harus dirubah sehingga bisa memasuki dunia siber saat ini. Ia sangat berterima kasih kepada kepada BSSN yang telah memberikan sertifikat verifikasi pada Kumham-CSRIT.

 Ia berharap agar Kumham-CSIRT disosialisasikan kepada seluruh jajaran Kemenkumham dan berharap agar dilakukan langkah-langkah konkrit terhadap setiap indikasi serangan siber.

Sedangkan  tema  yang diambil dari kegiatan ini yakni ‘Secure Together,Safe Better’ dan  ini ditutup dengan peluncuran Kumham-CSIRT secara bersama-sama oleh Kepala BSSN dan Sekjen Kemenkumham.(em/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *