Jeriko : Pers Sebagai Pilar Penting Dalam Mengawal Pembangunan Daerah

Kupang, Sonafntt-news.com. Pers merupakan salah satu segmen yang memiliki peran strategis dalam mengawal proses  pembangunan daerah di segala aspek.

“Pers sangat dibutuhkan untuk mengawal pembangunan bangsa ini. Pers sebagai salah satu pilar yang perlu terlibat aktif dalam memberikan input demi terciptanya pembangunan yang adil”

Demikian disampaikan oleh  Dr.Jefiston  Riwu Kore,SE,MM, di sela-sela memperingati Hari Pers Nasional (HPN) diperingati Kamis (9/2/2023).

Mantan  Walikota  Kupang, Jeriko mengaku merasakan betul peran pers dalam pembangunan. Berbagai informasi didapatnya melalui pemberitaan. Hal ini ikut mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah yang dikeluarkan. 

“Kita mendengar keluhan masyarakat, maupun berbagai persoalan melalui media. Oleh karena itu, pers harus diberi kebebasan untuk menyampaikan input tentang berbagai persoalan yang terjadi saat ini,” kata mantan Anggota DPR RI dua periode ini.

Sebagai pilar yang penting, Jeriko meminta pemerintah bermitra dengan pers agar mendapatkan informasi-informasi yang berimbang tentang proses pembangunan maupun dinamika kehidupan berdemokrasi. “Saya merasakan betul betapa pentingnya peran pers memberikan edukasi yang baik untuk bagaimana kita bersikap terhadap sebuah kondisi. Banyak sekali informasi yang bermanfaat dalam pengambilan kebijakan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kapasitas pemerintah sangat terbatas dalam menyerap informasi mengenai pembangunan. Oleh karena itu, melalui pers informasi selalu tersaji secara up to date. “Pers juga berperan untuk menegakkan keadilan, sehingga pers yang profesional harus didukung,” kata Jeriko.

Selain itu, di tengah arus perkembangan teknologi, terkadang banjir informasi hoaks yang mengganggu kenyamanan dan keamanan bermasyarakat. Di sinilah peran pers dibutuhkan. “Peran pers dibutuhkan untuk memerangi informasi-informasi hoaks yang juga makin marak akhir-akhir ini,” ujarnya.

Menuju pesta demokrasi pada tahun 2024, informasi hoaks pasti makin marak. Oleh karena itu, pers diharapkan menjadi katalisator informasi yang menyajikan informasi dengan baik dan benar. Harus memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat bisa mendapatkan informasi sesuai fakta-fakta bukan informasi hoaks. 

“Selamat Hari Pers, semoga pers di NTT terus maju dan profesional. Tingkatkan terus kapasitas dan profesionalitas agar bisa bersaing di tengah mengglobalnya industri pers saat ini,” kata Jeriko. (SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *