Kader Posyandu Bello Minta Timbangan Bayi

Kupang, Sonafntt-news.com.Kader Posyandu minta peralatan timbang bayi, sebab alat penimbangan yang digunakan selama ini sudah lama akibatnya hasil proses timbang tidak akurat.

Salah seorang anggota Kader Posyandu “Tafena Tob” di Kelurahan Bello Kecamatan Maulafa Kota Kupang Nusa Tenggara Timur, Floriana Toasu (48) kepada media ini di Kupang Kamis, 20 Juli 2023 mengatakan, agar kegiatan posyandu berjalan lancar dan proses penimbangan bayi bisa lebih akurat, maka peralatan timbang mesti mendukung, sehingga pemberian gizi untuk bayi dapat sesuai dengan berat bayi dan balita yang ditimbang. Namun timbangan yang digunakan di Posyandu Tafena Tob selama ini adalah timbangan gantung akibatnya terkadang hasil penimbangan tidak akurat.

“Alat timbang yang ada selama ini adalah alat timbang gantung, inipun sudah lama sehingga terkadang hasilnya tidak akurat, kami minta kalau bisa kami di Posyandu dibantu dengan tinbangan berdiri atau timbangan duduk untuk bayi dan balita,” demikian diungkapkan Flori Toasu.

Hal yang sama juga dibenarkan Sarci Boymau (45) Kader Posyandu Bello dengan mengatakan hampir semua Posyandu di kelurahan itu menggunakan alat timbang gantung yang sama yakni timbangan gantung. Sehingga pihaknya mengharapkan nantinya ke depan ada pihak-pihak yang mau membantu Posyandu dengan timbangan anak dan bayi yang lebih baik.

“Benar yang kami gunakan di Posyandu ini adalah timbangan gantung dan ada bebarapa Posyandu juga menggunakan timbangan yang sama. Sehingga kami harap ke depan ada pihak yang tergerak hati untuk membantu dengan alat timbangan yang lebih baik dan akurat,” pinta Boymau.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Bello Kecamatan Maulafa Kota Kupang NTT melaluj Ketua RW 003 Goris Takene secara terpisah menyatakan mendukung permintaan para Kader Posyandu. Sebab menurut Takene, tugas seorang kader Posyandu tidak saja mencatat jumlah bayi balita dan ibu hamil pada lokasi atau lingkungan tersebut. Tetapi juga menyelenggarakan Pelayanan kesehatan ibu dan anak. Untuk pelayanan kesehatan anak pada Posyandu, dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala anak, deteksi perkembangan anak, pemantauan status imunisasi anak dan lain-lain sehingga tugas mereka mesti didukung dengan peralatan yang memadai 

“Ya kalau seperti itu persoalannya tentu kami mendukung sebab tugas mereka kader Posyandu sangat fital demi memantau perkembangan gisi bayi, anak dan ibu hamil di lingkungan, sehingga tugas mereka perlu didukung dengan peralatan yang memadai,” tandas Takene. (Goe/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *