Kadis Koperasi & UMKM Kota Kupang Minta Dukungan Lintas Sektor Guna Tingkatkan Ekonomi Daerah

Kupang, Sonafntt-news.com.    Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Koperasi dan  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) minta dukungan lintas sektor  dengan mengoptimalkan potensi yang ada untuk pengembangan UMKM sekaligus meningkatkan ekonomi  daerah.

“UMKM di tangani beberapa dinas atau multi sektor diantaranya  Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, dan  Dinas Nakertrans  yang prinsipnya harus bersinergi bersama untuk memajukan ekonomi masyarakat”.

Demikian keterangan  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kupang Drs.Danberty E.Ndapamerang,saat ditemui  awak media di ruang kerjanya, Senin 10 juli 2023.

Danberty E.Ndapamerang menguraikan bahwa UMKM merupakan salah satu sektor strategis   yang harus diperhatikan  oleh dinas lintas terkait dengan merumuskan langkah-langkah strategis dan melakukan kerja-kerja nyata dilapangan  untuk peningkatan UMKM dengan tujuan memperkuat ekonomi keluarga kurang mampu sekaligus memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Menurutnya, total UMKM di  Kupang kurang lebih 21.000 baik jualan ril maupun yang usaha online.sesuai pengamatan kami,usaha yang ada kadang aktif dan kadang juga tidak berjalan oleh karena  itu  harus adanya kerjasama lintas sektor melalui dinas teknis yang diwujudkan melalui event-event di tingkat kelurahan dan tentu sangat membantu perkembangan UMKM.Hal demikian sedang dilakukan oleh pejabat Walikota Kupang.

Ia lanjut menerangkan dukungan ril yang biasa dilakukan setiap tahun yakni adanya pelatihan bagi pelaku UMKM dan karena keterbatasan anggaran  paling banyak memberikan bimbingan keterampilan bagi 100 orang serta fokus terhadap pembinaan koperasi baik yang berskala nasional, pengawasan pemprov NTT dan Pemerinta kota Kupang. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *