Kanim Kupang Turut Serta Sukseskan Asean Summit ke-42

Labuan Bajo, Sonafntt-news.com. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN merupakan pertemuan antara pemimpin – pemimpin negara anggota ASEAN yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan agenda membicarakan pengembangan ekonomi dan budaya antar negara-negara Asia Tenggara, dengan beranggotakan 11 negara yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan anggota termudanya Timor Leste yang bergabung pada 11 November 2022 silam.

Pada tahun 2023, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara bergengsi KTT Asean ke-42. Dengan mengusung tema “Asean Matters  : Epicentrum of Growth”, puncak KTT Asean atau Asean Summit ini berlangsung pada tanggal 9 Mei 2023 hingga 11 Mei 2023 di Labuan Bajo, NTT. 

Ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan puncak Asean Summit ke-42, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai lembaga pengayom divisi Imigrasi se-NTT turut menurunkan personilnya dalam rangka mensukseskan kegiatan dimaksud. Pengumandahan 30 SDM tambahan diterjunkan ke Labuan Bajo di antaranya 5 ASN Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Darwanto mengatakan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang mendukung penuh demi mensukseskan penyelenggaraan KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo. “Kita sangat bangga bahwa ini adalah perhelatan internasional pertama kali di NTT dan jelas Kantor Imigrasi Kupang mensupport secara penuh kegiatan ini. Sudah ada 5 orang ASN yang diutus dan peralatan yang kita pinjamkan untuk menyokong pelayanan keimigrasian dalam kegiatan Asean Summit di Labuan Bajo”, ujar Darwanto dalam wawancara via telepon.

Ketsia S. P. M. Lanoe, Kepala Subseksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang yang merupakan salah satu tim pengumadahan di Labuan Bajo untuk Asean Summit menyatakan kebanggaannya menjadi bagian dari tim yang turut andil dalam kesuksesan Asean Summit ke-42 di Labuan Bajo. 

Hotel Merourah Komodo Labuan Bajo menjadi tempat puncak pertemuan yang berlangsung selama 3 hari tersebut. Para delegasi dari 10 negara yang hadir kembali ke negara masing-masing sebagian besar pada 11 Mei 2023. (Ayd/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *