Karang Taruna Rana Mbata Perbaiki Jalan Provinsi yang Rusak Parah di Ruas Bealaing-Mukun-Mbazang

Borong, sonafntt-news.com. Anggota Karang Taruna Desa Rana Mbata, Kecamatan  Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) bergotong-royong memperbaiki Jalan Provinsi ruas jalan Bealaing-Mukun- Mbazang  yang rusak parah dengan menimbun kubangan-kubangan air dengan material seadanya guna memperlancar lalu lintas kendaraan di daerah terjal sebelum memasuki pemukiman warga di desa tersebut.

Jalan yang rusak parah itu adalah jalan hotmix sekitar 2 km yang dikerjakan PT. Agogo Golden Group (AGG) pada Tahun Anggaran 2019 dan berakhir Oktober 2020 dengan nilai sekitar Rp 14,1 Milyar.

Feri Kantur, salah satu anggota Karang Taruna Desa Rana Mbata yang berada di lokasi saat dihubungi tim media ini, Minggu (19/12/21) siang, mengatakan bahwa selama ini, para pengguna jalan, baik roda dua maupun roda empat harus bersusah payah untuk melintasi jalan tersebut.

 “Apalagi titik jalan yang rusak parah ini berada di daerah tanjakan. Karena itu kami memperbaiki jalan yang amblas dan menjadi kubangan air hujan dengan menyusun batu dan menimbun dengan material (sirtu, red) seadanya,” jelas Kantur.

Kantur menjelaskan, Ia dan rekan-rekannya sebagai anggota karang Taruna Desa Rana Mbata dan juga sebagai warga yang menggunakan jalan tersebut berinisiatif melakukan perbaikan.

“Ada beberapa titik yang rusak, namun hari ini kami melakukan perbaikan di titik yang sangat parah. Kami kembali menyusun batu dan menimbun material di setiap titik yang rusak dengan tujuan agar bisa dilintasi kendaraan,” ucap pemuda yang biasa disapa Ferkan.

Menurut Ferkan, jalan rusak parah yang telah diperbaiki pihaknya sekitar 20-an meter. “Karena itu, kami berharap agar Pemerintah Provinsi bisa melihat kerusakan ini dan bisa melakukan perbaikan. Karena jalan ini satu-satunya penghubung dari Wukir ke Ruteng atau juga ke Borong,” tandasnya.

Sementara Itu, Bonifasius Jebarus Selaku Anggota DPRD NTT dari Daerah Pemilihan (Dapil) Manggarai saat dihubungi Media ini sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh para anggota Karang Taruna Desa Rana Mbata.

“Karang Taruna Rana Mbata mau mengajarkan partisipasi masyarakat terkait pemeliharaan jalan dan ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat . Saya sebagai anggota DPRD Dapil Manggarai sangat mengapresiasi langkah ini,” tutur Bonjer, begitu ia biasa disapa. 

Bonjer juga mengatakan bahwa terkait jalan yang rusak ini akan  dengan Dinas terkait untuk bisa memperbaiki. “Saya akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR NTT, kalau bisa jalan tersebut bisa diperbaiki,” tutup Bonjer. (Hkf/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *