Pentingnya Menyiapkan Pemimpin Yang Berkarakter Sejak Dini

Sonafntt-news.com.  Lembaga Pendidikan Tinggi  merupakan salah stakeholder   memiliki peran strategis menyiapkan generasi yang cerdas termasuk melakukan langkah-langkah konkrit menyiapkan calon pemimpin yang berkarakter dan harus dilakukan sejak dini  agar benar-benar bermanfaat bagi banyak orang.

Demikian salah satu poin  penting yang disampaikan oleh  Ketua Fraksi DPRD PKB  Kota Kupang  Theodora Ewalde Taek, SPd, saat membawakan materi dalam kegiatan Latihan kepemimpinan  Tingkat Dasar (LKTD) di Sekolah Tinggi Pastoral (Stipas) Keuskupan  Agung Kupang, rabu 21/12/2022.Kegiatan ini dihadiri ratusan Mahasiswa Stipas Keuskupan Agung Kupang, pengurus BEM dan BLM serta para dosen.

Theodora Ewalde Taek menjelaskan bahwa Latihan Kepemimpinan  Tingkat Dasar merupakan  salah satu tahapan yang harus dilalui oleh seorang mahasiswa, peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya menjadi seorang pemimpin.

“Menjadi  seorang pemimpin yang berkarakter tidak mudah namun harus menyiapkan  diri secara baik, misalnya harus mampu tampil bicara di depan umum, terlibat aktif terhadap urusan  sosial kemasyarakatan, dan siap menerima saran maupun kritikan membangun dari siapapun”ungkapnya.

Menurutnya, seorang mahasiswa harus mampu menjadi  teladan yang baik dalam urusan apapun dan harus mampu pula mengatur  jadwal secara efektif untuk belajar bahkan manfaatkan kesempatan melalui kegiatan-kegiatan produktif yang prinsipnya untuk pengembangan bakat yang dimiliki.

Sementara  Pimpinan Stipas Keuskupan  Agung Kupang Dr. Florens Maxi Un Bria, S. Ag. M. Sos menerangkan LKTD merupakan agenda tahunan yang bertujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia terutama berkaitan dengan urusan kepemimpinan.Selain itu, tema kegiatan ini ” Menjadi  Pemimpin yang Berbudaya dan Berintegritas”.

Menurutnya, tema yang diusung  mengajak generasi muda dan seluruh   komponen untuk   terus belajar, peka terhadap persoalan-persoalan sosial di  tengah masyarakat bahkan harus memberikan solusi kepada warga yang membutuhkan, itu bagian dari pemimpin yang berkarakter.

Dr. Florens Maxi Un Bria, S. Ag. M. Sos menegaskan kegiatan ini  relevan dan menjawab visi dan misi STIPAS KAK. 

“LKTD tentu memberikan pencerahan dan pemahaman yang cukup memberi pencerahan untuk Mengimplementasi dalam partisipasinya demi menjawab  tuntutan modern guna Tumbuh kembang  Dan pengembangan diri secara baik”ungkapnya. (Mf/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *