Kunker di Lewotanah Flores Timur, Penjabat Gubernur NTT Mengunjungi Pulau Adonara

Adonara,Sonafntt-news.com.Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC bersama Istri Sofiana Milawati Kalake didampingi oleh Pj. Bupati Flores Timur Doris Rihi beserta rombongan berkunjung ke pulau Adonara. Setiba di Adonara, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake langsung mengunjungi Masjid Jami Al Ma’ruf yang terletak di Desa Lamahala Jaya, Kecamatan Adonara Timur sekaligus melaksanakan Ibadah Shalat,.Jumat (17/11/23), 

Sebagai pewaris darah Lamahala, Penjabat Gubernur NTT juga turut mengunjungi Rumah Adat Suku Bunga Lolong yang juga merupakan Rumah Adat Suku Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, yang terletak di Dusun 3 Desa Lamahala Jaya, Kecamatan Adonara Timur. Dalam kunjungan tersebut diadakan sebuah acara Silaturahmi Bersama Warga Lamahala yang turut dihadiri Forkopimda Kecamatan Adonara Timur, Para Camat se-Adonara bersama Para Kepala Desa se-Kecamatan Adonara Timur.

Dalam momentum tersebut, Pj. Gubernur NTT Ayodhia menyampaikan rasa syukur dan terima kasih untuk pertemuan yang bermartabat tersebut.

“Terima Kasih kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat dan berkahnya, sehingga kita dapat berkumpul bersilaturahmi pada kesempatan yang baik ini. Pada tanggal 5 September saya mendapat amanah dari bapak Presiden Republik Indonesia untuk bertugas sebagai Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur. Suatu kehormatan tetapi amanah yang tidak mudah bagi saya untuk melaksanakannya saya bersama istri Hja. Sofiana Milawati Kalake. Kami tentunya memohon doa dan dukungan serta restu dari Lewotanah dan masyarakat Lamahala sebagai kampung halaman tanah leluhur”, Ungkap Pj. Gubernur NTT.

“Kesempatan ini merupakan kesempatan yang sangat baik yang kiranya dapat kita manfaatkan untuk bersilaturahmi dengan baik pula. Pada saat perjalanan saya dari Jakarta menuju ke Kupang untuk penugasan pertama saya, tidak pernah disangka bahwa saya akan mendapat tugas atau amanah yang terhormat ini. Jadi pertemuan yang bermartabat ini tentunya kita semua mengucapkan syukur kepada Tuhan seraya juga memohon diberikan kekuatan, keselamatan dan juga kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan juga dapat mencapai target-target yang telah ditetapkan oleh pemerintah”, Tambah Putera Lamahala tersebut.

Pada kesempatan yang sama Camat Adonara Timur Ariston Kolot Ola, mewakili keluarga besar Lamahala juga turut mengungkapkan kebahagiaannya  atas amanah yang diemban Bapak Ayodhia Kalake sebagai Penjabat Gubernur NTT Periode 2023-2024.

“Saya berdiri mewakili Keluarga Uma Suku Bungalolon dan Keluarga Lamahala untuk menyapa kita sekalian. Bapak dan Ibu sekalian pada tanggal 5 september Bapak Ayodhia Kalake Putra Lamahala, Putra Adonara saudara kita, bapa kita, keluarga kita dilantik sebagai Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur dan oleh karena itu maka Lewotanah Flores Timur, Lewotanah Adonara, Lewotana Lamahala, berbahagia untuk jabatan amanah yang diberikan kepada Bapak Ayodhia Kalake”, Ungkap Camat Adonara Timur.

“Hari ini kita semua bersyukur dan bahagia karena  Bapak Ayodhia Kalake, keluarga kita, bapa kita, saudara kita, hadir ditengah tengah kita di Lamahala untuk bersama-sama dengan kita mensyukuri peristiwa ini dan untuk itu  Bapak Ayodhia Kalake, memohon doa dan dukungan Tite Wahan Kae, kita semua. Lewotanah Adonara, Lewotanah Lamahala, kita semua memberikan dukungan kepada beliau, doa restu kepada beliau, supaya tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan pada beliau boleh dijalankan dengan sebaik-baiknya. Sekali lagi hari ini kita semua memberikan doa dan dukungan untuk beliau  untuk menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya sampai pada saatnya beliau menyelesaikan tugasnya sebagai Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur”, Lanjut Camat Ariston.

Setelah Silaturahmi bersama Keluarga Lamahala, Pj. Gubernur NTT melaksanakan anjangsana ke 3 Rumah Adat yang masih berada di Desa Lamahala Jaya, Kecamatan Adonara Timur yaitu Rumah Adat Suku Selolong, Rumah Adat Suku Atapukan dan Rumah Adat Suku Malakalu. Disetiap Rumah Adat Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake juga mohon  doa restu dan dukungan selama masa kepemimpinan beliau agar bisa membawa kemajuan bagi masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Beliau juga turut mengunjungi Masjid Sabilillah yang terletak di Dusun 6 Desa Lamahala Jaya, Kecamatan Adonara Timur.

Selain itu Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Bank NTT Kantor Cabang Pembantu (KCP) Waiwerang, dilanjutkan dengan meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adonara Kelas D Pratama. Didampingi Direktur UPTD RSUD Adonara Kelas D Pratama dr. Danny Gunawan, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake memantau bangunan fisik dan fasilitas yang telah tersedia di RSUD Adonara.

Mengakhiri kunjungan kerjanya di Pulau Adonara, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake berkunjung ke Pantai Meko yang terletak di Desa Pledo, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur. Untuk diketahui Pantai Meko merupakan sebuah pulau pasir putih yang timbul di tengah lautan biru yang jernih. Pantai Meko juga pernah mewakili Kabupaten Flores Timur dan meraih Juara 2 Kategori Wisata Air Terpopuler dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020. Keindahan dan pesona Pantai Meko ini mampu menyihir para wisatawan dan dapat dijadikan salah satu wisata unggulan yang dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung. 

Dalam perjalanan menuju Pantai Meko, Pj. Gubernur NTT Ayodhia juga berkesempatan singgah di Rumah Adat Suku Witihama di Kecamatan Witihama.

Sebelum bertolak ke Adonara, Penjabat Gubernur Ayodhia juga menyempatkan diri untuk mengunjungi  Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Amagarapati yang merupakan Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT Wilayah Kerja Kabupaten Lembata, Flores Timur, Sikka. Pj. Gubernur NTT didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT Ibu Sulastri H. I. Rasyid, S.Pi, M.Si dan Kepala Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT Wilayah Kerja Kabupaten Lembata, Flores Timur, Sikka Antonius Andy Amuntoda, S.Pi meninjau proses kegiatan masyarakat yang terjadi di PPI Amagarapati ini. PPI Amagarapati ini juga merupakan Kantor Cabang Dinas yang paling besar di wilayah Provinsi NTT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *