Lakukan Panen Raya Padi & Tomat di Desa Takirin, Bupati Belu : Kita Apresiasi BUMDES Moris Foun Atas Programnya

Atambua, SonafNtt – News.Com. Lakukan Panen Raya tanaman tomat dan padi di Desa Takirin Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Bupati Kabupaten Belu memberikan apresiasinya kepada Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) Moris Foun atas programnya yang baik.

Kegiatan panen raya ini, berlangsung Pada hari Kamis ( 11/05/2023 ) Pukul 18. 00 Wita, yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Belu Aloysius Hale Serens, Staf Ahli, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belu, Kepala Dinas PMD

Kabupaten Belu, Direktur Bank NTT Wilayah Belu dan rombongan serta Pemerintah setempat.

Dalam kesempatan itu Bupati Belu dr. Agustinus Taolin, memberi apresiasinya kepada BUMDES Moris Foun dan pihak terkait atas program yang baik tersebut.

”  Saya memberikan apresiasi kepada BUMDES  Moris Foun, karena telah membuat sebuah program seperti ini. pengurus harus semangat dan kerja yang baik ini, harus selalu ditingkatkan ke depannya.

Jadi Bapa dan Mama, BUMDES itu kerja program harus yang begini. Bapa dan mama harus mendukung serta menghidupkan BUMDES ini karena saya baru lihat, BUMDES bisa buat yang baik seperti ini, dan saya berharap pengurus harus pastikan sekarang dan kedepannya, kinerja harus sesuai degan kalimat dalam spanduk ini, Bersama BUMDES Masyarakat Sejahtera,” Ujar Bupati Belu.

Sementara itu, Kepala Desa Takirin Kecamatan Tasifeto Timur, Engelbertus Foa dalam kesempatan itu mengatakan bahwa, pihaknya bersama dengan  pengurus BUMDES dan Masyarakat Takirin, menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati  Wakil Bupati Belu, Staf ahli, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Belu, Direktur Bank NTT wilayah Belu dan semua pihak yang telah membantu dalam menjalankan program ini.

” Kita mengucapkan limpah terima kasih kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil dan semua pihak yang sudah membantu kami di Takirin khususnya bagi BUMDES Moris Foun. 

Yang telah memberikan support kepada para petani tomat dan petani padi sawah Desa Takirin agar terus bekerja demi peningkatan kualitas hidup keluarga dan juga bagi pendamping swasta PT. Syngienta Indonesia Bapak Asampso Kase yang telah memotivasi dan mendampingi, para petani di lapangan mulai dari proses pengolahan lahan, penanaman, perawatan, pemupukan sampai pada masa panen bahkan sampai pada pemasaran,” Bilang Kepala Desa Takirin.

Lanjutnya, semua karena ekosistem yang dibangun betul – betul mengakar, hingga sejauh ini lahan – lahan tidur dan pola pikir petani di Desa semakin terbuka dan semakin bersemangat,” Lanjut Alumni Universitas Timor Ini.

Untuk diketahui, dari informasi yang didapat dari Pemdes Takirin Bahwa, BUMDES Moris Foun sebagai lembaga usaha Desa Takirin baru berdiri di tahun 2021.dalam perjalanannya dianggarkan oleh Pemerintah Desa melalui penyertaan modal Bumdes sebesar Rp. 70 juta, kemudian berkat kerja keras dari kepala Desa Takirin Sdr. Engelbertus Foa dan pengurus BUMDES Rosalinda Boe (Direktur BUMDES), Aprianus Luan  (Sekretaris) Yunus Asa (Bendahara) mampu membuat terobosan baru dengan mengaktifkan BUMDES yang selama ini kurang berjalan dengan salah satu program unggulan yaitu unit usaha kredit (simpan pinjam) usaha pertanian, yang awalnya ini dimulai dengan pengembangan pinjaman modal kepada masyarakat yaitu usaha tomat dan padi sawah. 

Dari anggaran BUMDES sebesar Rp 70.000.000 tersebut diberikan pinjaman kepada lima orang petani sawah (sebesar Rp. 27.000.000) , dan tiga orang/kelompok petani tomat (sebesar Rp. 43.000.000),, dan kedepannya dipastikan banyak masyarakat akan tertarik dengan program ini karena bunga pinjamannya sangat rendah (untuk tomat) dan (untuk padi sawah) metode pengembaliannya mudah karena dalam bentuk gabah bersih.

Jumlah Tanaman Tomat yang dipanen sebanyak 60 Are dengan jumlah 18 ribu pohon dan 40 Are Tanaman Padi. ( DF / SN ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *