Literasi Digital Sebagai Salah Satu Kebutuhan Dasar Di Era Globalisasi

Labuan Bajo, sonafntt-news.com. Kehadiran pandemik covid-19 mewajibkan kita semua untuk lebih tekun belajar  guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta harus menjadikan  sebagai sebuah kebutuhan dasar  di era globalisasi  yang sangat kompleks dan kompetitif .

“Langkah tersebut harus dilakukan secara efektif dalam  menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari dengan target mewujudkan transformasi  digital.Selain itu, kasus penyebaran covid mulai membaik tentu akan mempercepat proses digitalisasi di berbagai lini kehidupan oleh karena itu,  kita harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dalam  menjawab berbagai persoalan sosial di tengah masyarakat”

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika Kementerian KOMINFO RI, Samuel Abrijani Pangerapan secara virtual saat membuka dengan resmi kegiatan Webinar Literasi Digital yang berlangsung di Jayakarta Hotels and Resorts, Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (23/10/2021).

Disaksikan media ini  itu para peserta yang mengikuti secara online dan virtual melalui Zoom juga terlihat antusias mengikuti pemaparan materi dari para Narasumber. Jumlah peserta yang mengikuti secara virtual melalui Zoom berjumlah 300 orang lebih.

Kegiatan Webinar Literasi Digital ini terselenggara berkat kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KEMENKOMINFO RI) melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kegiatan Webinar yang mengusung tema “Nyaman Belajar di Rumah di Masa Pandemi” ini dibuka dengan resmi secara virtual oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika Kementerian KOMINFO RI, Samuel Abrijani Pangerapan.

Saat memberikan sambutan dan membuka dengan resmi secara virtual  Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian KOMINFO RI, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan kegiatan yang diselenggarakan ini yaitu dalam rangka memberikan literasi digital kepada masyarakat.

“Seperti kita ketahui kehadiran pandemi Covid-19 dan pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara kita beraktivitas dan bekerja. Kita harus aktif bekerjasama dalam mewujudkan transformasi digital Indonesia,” ujar Samuel.

Dirinya menambahkan salah satu pilar penting dalam mewujudkan transformasi digital tersebut adalah menciptakan masyarakat digital. Kemampuan literasi digital adalah kemampuan paling dasar dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang tidak hanya mengenal teknologi namun cermat menggunakan teknologi itu sendiri.

Dalam rangka mencapai tingkat literasi yang baik pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, Kementerian KOMINFO dan berbagai stakeholder  terus melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia dan salah satunya yaitu lewat kegiatan Webinar Literasi Digital yang diselenggarakan kali ini, jelas nya.

“Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang sangat cepat, literasi digital merupakan kunci dan fondasi utama yang harus kita semua miliki. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo bersama Siber Kreasi berkomitmen akan terus melakukan  berbagai upaya meningkatkan literasi digital masyarakat lewat berbagai inisiatif kegiatan. Adanya berbagai inisiatif kegiatan literasi digital dapat memfasilitasi dan semakin mendorong terwujudnya masyarakat digital Indonesia,” kata Samuel.

Keadaan normal yang baru baik sekarang maupun pasca pandemi akan mempercepat proses digitalisasi di berbagai lini kehidupan. “Maka dari itu kita harus mempersiapkan SDM kita dengan keterampilan digital yang sesuai untuk menghadapi perubahan ini,” tandasnya.

“Akhir kata mari kita membawa perubahan positif bagi Indonesia yang lebih baik. Kita ciptakan inovasi-inovasi berkualitas dengan mengembangkan talenta yang ada dan memaksimalkan potensi masyarakat digital Indonesia. Bersama kita dapat melalui pandemi dengan menjadi lebih baik dari masa sebelumnya,” tutup Dirjen.

Untuk diketahui Kegiatan Webinar Literasi Digital ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KEMENKOMINFO RI) melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika yang bekerja sama dengan Siberkreasi .

Narasumber saat menyampaikan materi (kiri) dan para peserta yang mengikuti secara Virtual melalui Zoom (kanan) tampak antusias mengikuti kegiatan Webinar Literasi Digital yang berlangsung di Labuan Bajo, Sabtu (23/10/2021)

Narasumber yang berada dan menyampaikan materi di lokasi kegiatan yakni di Jayakarta Hotels and Resorts, Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat sangat aktif menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang diterapkan panitia penyelenggara kegiatan. Prokes ini aktif diterapkan oleh panitia penyelenggara kegiatan Webinar Literasi Digital kepada Narasumber, Host, Key Opinion Leader dan juga seluruh panitia yang mengikuti kegiatan secara offline. Seluruh pihak yang terlibat yang secara offline dalam kegiatan ini sudah melalui tes antigen, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Kegiatan Webinar Literasi Digital ini ditayangkan melalui Zoom dan YouTube. Narasumber pada kesempatan ini yakni, Penulis & Pegiat Literasi Yusta Roli Ramat,S Sos.,M.Hum, Akademisi Yohanes Jakri,S.Kep.,M.Kes, Dosen UNIKA Santu Paulus Ruteng Kanisius Mandur,M.Pd, Akademisi dan Pegiat Literasi Fabianus Hadiman Bosco, M.Pd, Key Opinion Leader yang juga merupakan Konten Kreator & YouTuber (Konco Konco) Severino Jemadu, dan juga selaku Host dalam kegiatan ini yaitu Yoga Gandur. (Sn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *