Mahasiswa Lambaleda Tingkatkan Kapasitas Kader Lewat LKK

Kupang, Sonafntt-news.com.  Mahasiswa asal Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai  Timur, Nusa Tenggara Timur, yang terorganisir dalam Ikatan Keluarga Mahasiswa Pelajar (IKMPL) Kupang, meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan kualitas diri lewat Latihan Kepemimpinan Kader (LKK), selama sepekan.

“Dalam menjalankan roda organisasi dan aktivitasnya, IKMPL-Kupang, tentu tidak hanya berkutat pada tugas utamanya sebagai pelajar dan mahasiswa, tetapi lebih dari itu, melakukan kegiatan pengembangan diri, lewat LKK, agar kelak menjadi kader penerus daerah, nusa dan bangsa yang mapan dan potensial,” kata Ketua Umum IKMPL-Kupang, periode 2022-2023, Galdinus F. Sucipto, di Kupang, Sabtu, (15/04/2023).

Mahasiswa Fakultas FISIP  Undana Kupang ini, mengatakan LKK yang merupakan kelanjutan dari tahapan rekrutmen  anggota baru pada tahun sebelumnya itu, juga bertujuan untuk lebih mematangkan diri ditengah derap langkah perkembangan demokrasi yang riuh gempita dengan berbagai trik politik identitas yang bukan tidak mungkin bisa mengancam demokrasi itu sendiri.

“Ancaman itu bisa muncul lewat kekerasan verbal atau bahkan fisik itu nyata, jika politik identitas itu menyebabkan polarisasi yang dapat memecah belah rakyat dan komponen terkait sebagai pilar demokrasi,” kata Galdi, panggilan akrabnya, diamini Sekretaris Umumnya, Yohanes A.S Naur.

Karena itu, mahasiswa jurusan ilmu politik FISIP Undana itu, menegaskan, LKK ini menjadi wahana kecil dan sederhana berbagi dengan para senior dan pembina IKMPL-Kupang dalam upaya menambah pengetahuan dan pemahaman akan pentingnya pembenahan diri sebagai upaya lain pencegahan dengan kegiatan yang positif bagi anggota dan kader IKMPL-Kupang. 

Galdi menyebut selama LKK yang digelar di sekretariat Ikatan Mahasiswa Borong, Manggarai Timur di bilangan Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang itu, peserta dibekali dengan beberapa materi diantaranya, Yuvens Tukung membedah topik Kewirausahaan, Yakunda Huwa membidik tema Perempuan dan Politik.

Kasmir Senin membahas Pengelolaan Dana Desa, Mikhael Namas mengemas topik, Lobi dan Negosiasi, Hironimus Bifel menguliti topik Pers dan Jurnalistik dan Fernandes Jemi buming dengan “Leader dan Leadership” (Pemimpin dan Kepemimpinan).

“Kami berharap beberapa topik materi dari para pemateri di atas, sebagai pemantik pembentukan kader-kader berintelektual dan bermoral, mandiri dan mampu menjiwai organisasi IKMPL-Kupang, agar terus hidup dan berkempang, serta dapat menjawab persoalan-persoalan hari ini, sehingga visi dan misi IKMPL-Kupang, terukur dan tercapai,” katanya yakin. 

Lebih dari itu, katanya, pointer LKK ini, tidak sekedar menjalankan rutinitas program dan konstitusi internal organisasi, tetapi adanya peningkatan analisis terhadap trent perkembangan ekonomi, politik, menangkap peluang lapangan kerja dan kemandirian berusaha dan menyeleksi dengan  tepat serta saksama Jurnalisme berita palsu yang kini telah menjadi kepedulian global karena daya rusaknya yang luas, baik di tingkat individu maupun masyarakat dan di berbagai sektor kehidupan

Bukan Cuma itu, katanya, LKK ini pun sebagai asupan untuk memperkuat pemahaman kader-kader IKMPL Kupang guna mampu dan sanggup bersaing dalam berbagai aspek kehidupan yang diinginkan bersama perkumpulan ini, bisa tercapai. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *