Musafir Duka, Korban Lakalantas Di Alor Terima Santunan Jasa Raharja

Alor,sonafntt-news.com. Tepatnya pukul 16.00 Wita, peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Umum Desa Alila Selatan, Kecamatan Alor Barat Laut Kabupaten Alor – NTT, dimana seorang anak, Abas Musafir Duka (7), meninggal dunia akibat tergilas mobil truk yang melintas di ruas jalan tersebut,selasa 15/03/2022.

Mendapati informasi awal dari pihak Satlantas Polres Alor, Penanggung Jawab Jasa Raharja Kabupaten Alor, Agus Prasetyo segera merespon cepat dengan mengunjungi rumah duka yang berada di Kampung Tulta Desa Aila guna memberikan kepastian jaminan dan selanjutnya penyerahan santunan meninggal dunia kepada ahli waris korban.

Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Nusa Tenggara Timur, Nasjin menjelaskan bahwa korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas tersebut, ahli warisnya mendapatkan santunan meninggal dunia dari Jasa Raharja sebesar Rp 50 juta sesuai PMK No 16/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas.

“Hal ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam melindungi warganya, sesuai Program Perlindungan Dasar Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, dimana Sesuai ketentuan tersebut, Jasa Raharja memberikan santunan kecelakaan kepada setiap orang yang meninggal dunia/cacat tetap dan penggantian biaya perawatan akibat kecelakaan yang disebabkan oleh alat tabrakan kendaraan bermotor” ungkap  Nasjwin

“Santunan tersebut berasal dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan setiap pemilik kendaraan bermotor bersamaan dengan pembayaran Pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama SAMSAT,” tambah Nasjwin.

Lebih lanjut Nasjwin mengungkapkan Pelayanan Jasa Raharja telah menerapkan Sistem pelayanan santunan yang terintegrasi secara digital dengan IRSMS (Integrated Road Safety Management System) Polri, Rumah Sakit, Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, serta juga dengan pihak perbankan,sehingga setelah data lengkap akan segera diserahkan melalui mekanisme transfer rekening kepada ahli waris korban kecelakaan untuk memastikan santunan diterima secara utuh dan tepat walaupun di hari libur sekalipun.

Dalam penyerahan santunan yang dilakukan di rumah duka, Ibu kandung korban Nur Asia Djaha yang ditemui langsung  petugas Jasa Raharja Alor menyampaikan terima kasihnya atas kepedulian negara melalui Jasa Raharja dengan penyerahan santunan atas meninggal anaknya. 

“Saya tidak pernah menduga atas kejadian yang menimpa anak saya, namun kepedulian negara lewat Jasa Raharja kepada kami sangat membantu keluarga kami, terimakasih Jasa Raharja”, ungkap Nur. (Sn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *