PADMA & KOMPAK Bentuk Tim Ungkap Aktor Intelektual Dibalik Masalah Pilwabub Ende

Jakarta,sonafntt-news.com.Lembaga Hukum dan HAM PADMA INDONESIA (Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia) bekerjasama dengan KOMPAK INDONESIA (Koalisi Masyarakat Pemberantasan Korupsi Indonesia) dan insan pers membentuk Tim Investigasi Khusus untuk mengungkap aktor intelektual dibalik masalah pemilihan Wakil Bupati (Pilwabub) Ende.

Demikian disampaikan Gabriel Goa, Ketua Dewan Pembina PADMA INDONESIA dan Ketua KOMPAK INDONESIA kepada tim media ini melalui pesan Whatsapp (WA), Senin (31/1/22).

“Kami dari Lembaga Hukum dan HAM PADMA INDONESIA bekerjasama dengan KOMPAK INDONESIA dan insan pers yang independen dan berintegritas sudah membentuk Tim Investigasi Khusus untuk Pilwabup Ende,” tegas dua lembaga tersebut.

Menurut Gabriel Koa, pembentukan tim ini dilakukan  karena polemik tentang keabsahan pemilihan Wakil Bupati Ende oleh DPRD Ende dan pelantikan Erik Rede sebagai Wakil Bupati Ende oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat masih terus terjadi.

Polemik yang dimaksud yakni pihak yang berkeberatan terkait  proses pemilihan Wabup Ende di DPRD, masih mempersoalkan Pimpinan DPRD Ende yang tetap memaksakan kehendak agar pemilihan tetap berlangsung tanpa adanya dukungan surat DPP partai politik pendukung.

Selain itu, pelantikan Erik Rede sebagai Wakil Bupati Ende oleh Gubernur NTT malam-malam di Rumah Jabatan dan bukan di Aula Kantor Gubernur NTT terkesan buru-buru dan menimbulkan tanda tanya besar bagi publik.

Dijelaskan pula bahwa tim yang telah dibentuk ini akan melakukan investigasi khusus di beberapa tempat yakni Ende, Kupang dan Jakarta terkait proses,cara dan prasyarat formil maupun materil dalam Pilwabup Ende.

Selain itu, melalui KOMPAK INDONESIA, akan dilakukan investigasi khusus terkait dugaan politik transaksional dalam Pilwabup Ende. Selanjutnya akan dibangun kerjasama dan koordinasi serius dengan pihak Ombudsman RI, Komnas HAM, Komisi II DPR RI, Komisi III DPR RI dan KPK RI untuk mengungkap Aktor Intelektual  yang bermain dalam Pilwabup Ende.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *