Pancasila Harus Menjadi Fondasi Dalam Penyelenggaran Pemerintah

Kefamenanu,sonafntt-news.com. Pancasila merupakan satu satunya dasar negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus dirawat dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari -hari dan harus menjadi harus menjadi Fondasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dari Sabang sampai Merauke dan seluruh pihak berkewajiban menjaga keutuhan NKRI bahkan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini disampaikan oleh.Presiden RI Ir.Joko Widodo saat memperingati hari lahirnya Pancasila Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual.,

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara telah menyatu dalam kita masing -masing namun tanggung jawab yang paling utama yakni merawat kebersaman dan memperkuat kesatuan bangsa menuju Indonesia yang maju dan sukses.

Perkembangan Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta menyamakan kesamaan pandangan dan kebersamaan oleh karena itu kita harus mampu mengiktu perkembangan Saman di era digital.

Untuk diketahui, tema yang diusung dalam memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2021 yakni Pancasila dalam tindakan, bersatu untuk Indonesia Tangguh. Tema tersebut yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden Ri Nomor 24 Tahun 2016 dimana Pemerintah menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai hari.lahir libur nasional. Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen masyarakat memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Pantauan media ini,yang bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Yang bertugas membaca Naskah Pancasila adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 adalah Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sementara yang mengikuti upacara memperingati Hari Lahirnya Pancasila yakni
Bupati TTU Drs. Juandi David dan Wakil Bupati TTU Drs. Eusabius Binsasi serta anggota Forkompimda TTU serta pejabat Pemerintah Kabupaten TTU menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual bertempat Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati TTU yang disiarkan secara langsung dari Istana Negara Jakarta.

Bupati TTU Drs. Juandi David dalam kesempatan itu mengharapkan seluruh masyarakat TTU untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan setiap hari, seperti menghindarkan diri dari perbuatan vandalisme yaitu perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya yang ada terutama hasil-hasil pembangunan yang telah dibangun oleh Pemerintah.

“Hal lain yang harus dilakukan yakni memelihara setiap hasil pembangunan terutama yang ada di Ibu Kota Kefamenanu sebagai Ibu Kota Kabupaten TTU”,tegas mantan Kadis PMD TTU.(Damken/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *