Pasokan Irigasi Beninain Dijamin Memenuhi Musim Tanam II Pada Tiga Kecamatan Di Malaka

Malaka,Sonafntt-news.com.Pasokan Irigasi di wilayah sungai Beninai Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka dijamin memenuhi kebutuhan air untuk musim penanaman padi( Oriza sativa )sawah ladang musim kedua pada tiga Kecamatan di Kabupaten Malaka.Wilayah yang berada di daerah aliran sungai Beninai, meliputi Kecamatan Weliman, Kecamatan Malaka Barat dan Kecamatan Malaka Tengah.

‘Kami yakin akan memenuhi kebutuhan musim tahap II karena Sungai Beninai sudah direklamasi menjadi sebuah bendungan.

Langkah ini sebagai salah satu terobosan mendukung visi-misi dan program revolusi pertanian Kabupaten Malaka untuk memenuhi keterpenuhan pangan khususnya padi ( Oriza sativa) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bendungan Beninai harus diperhatikan guna menjadi ikon dalam pemanfaatan, untuk mengairi lahan persawahan masyarakat, sehingga pengolahan daerah persawahan tidak menanti hujan turun atau sawah tada hujan secara konvensional.

Hal ini, dikemukakan oleh Kepala Bagian Irigasi dan Perairan Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang (PUPR ) Kabupaten Malaka, Hubertus seran ketika ditemui oleh awak media, kamis”, 23/7/2020.

Hubert Seran menjelaskan, bahwa dengan reklamasi pembangunan Bendungan Benenai melalui kementerian PUPR, maka selain 3 kecamatan tersebut, juga dirasakan oleh masyarakat yang memiliki lahan basah di kecamatan lain misalnya kecamatan kobalima dan kecamatan wewiku. sehingga dengan adanya program bapak bupati malaka, yakni revolusi pertanian malaka, dapat mendongkrak hasil produksi padi bagi masyarakat malaka, khususnya 5 kecamatan yang letak wilayahnya berada di lintasan air Sungai Beninai”, tuturnya.

Namun yang menjadi prioritas tugas pokok dari dinas PU malaka, sebatas mengurus pembagian aliran air. sehingga pemanfaatan air irigasi beninai merata bagi masyarakat yang memiliki lahan basah, sehingga tidak terjadi konflik atau hal-hal yang tidak inginkan.

Ia mengharapkan, agar masyarakat yang memiliki lahan basah sebaiknya, harus memperhatikan debit air irigasi. sehingga untuk menanam pada musim kedua ini, jangan sampai hasil kurang maksimal karena divisit airnya. dan juga diharapkan agar masyarakat jangan monoton pada satu jenis tanaman seperti padi saja, namun sebaiknya ditanam tanaman palawija atau kombinasi tanaman untuk musim kedua ini”, imbuhnya.

Hal senada di pertegaskan lagi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang (PU PR) Kabupaten Malaka Yohanes Nahak,ST menjelaskan bahwa kami dan Dinas Pertanian siap melakukan langkah-langkah strategis agar masyarakat bisa melakukan kegiatan pertanian sawah ladang di musim kedua dan khususnya untuk pasokan irigasi di wilayah Sungai Beninai menjadi salah satu prioritas sebagai wujud nyata mendukung program revolusi pertanian dari Pemerintah Daerah dengan harapan memenuhi ketahanan pangan bahkan di tengah pandemik covid-19 selain menjaga kesehatan,kita harus membangun sinergitas yang baik di segala sektor agar mampu menyediakan kebutuhan pangan bagi masyarakat.(Fb/user/MF).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *