Paud Sebagai Pintu Masuk Untuk Siapkan Generasi yang Cerdas

Oelamasi,Sonafntt-news.com. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu langkah strategis untuk menyiapkan generasi yang cerdas dan unggu bahkan  hal ini harus dilakukan  sejak dini agar anak-anak memiliki karakter yang baik dan mampu memberikan teladan yang baik di tengah masyarakat.

Pantauan media ini, kegiatan dimaksud  Bupati Kupang Drs.Korinus  Masneno,  Staf Ahli Paulinus Ati, Kepala RSKK Benediktus Selan,S.I.Kom, M.Si, Ketua Dharma Wanita Kabupaten  Kupang Ny. Rutjek Laha- Dethan, Sekretaris Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kupang Beadrys Kolnel, S.Pd, Ketua Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Kupang Timur Pdt. Yetry Fangidae, S.Th, Ketua Majelis Klasis Kupang Timur Pdt. Viktor Nenohai, S.Th, para guru PAUD dan orang tua. 

Kegiatan ini berlangsung di kantor Bupati Kupang di Oelamasi pada hari Selasa, 28 Juni 2022. 

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai salah satu jenjang pendidikan yang diakui dalam sistem Pendidikan Nasional yang memiliki peran penting dalam mempersiapkan anak-anak ke jenjang pendidikan dasar. 

Bupati Kupang dalam sambutannya mengucapkan selamat bagi anak-anak PAUD yang hari ini akan dilepaskan untuk dipersiapkan menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dimana ini merupakan salah satu momen terpenting menciptakan generasi penerus yang berkualitas di Kabupaten Kupang. “Harus siapkan mental anak-anak didik, pengetahuan karakter dan spiritual sejak dini”, ujar Masneno. 

Korinus Masneno menjelaskan, pada hakikatnya tugas kita adalah membangun manusia Kabupaten  Kupang menjadi manusia seutuhnya yang tidak hanya memiliki keterampilan namun memiliki iman dan spiritual yang baik. 

“Sadar atau tidak, anak-anak telah memasuki tahap persiapan masa depan secara baik. Karena itu, guru dan orang tua diharapkan untuk mendidik anak-anak secara baik. Kemajuan IPTEK juga harus dimiliki oleh orang tua, masyarakat dan pemerintah yaitu memahami secara benar, mana informasi yang baik dan yang tidak demi mendidik anak-anak menjadi manusia yang akan membantu menopang pembangunan di Kabupaten  Kupang menjadi lebih baik kedepannya.” 

Tidak hanya itu, Bupati Korinus juga memberikan apresiasi bagi orang tua dan guru PAUD yang telah membantu mendedikasikan waktu dan tenaga dalam memberikan pendidikan yang baik sehingga dapat menciptakan generasi-generasi hebat. Dirinya juga menyatakan bahwa anak-anak didik sekarang merupakan pengganti pemimpin yang akan datang sehingga apa yang anak-anak dapatkan hari ini akan digunakan dimasa yang akan datang. 

Disambung Bunda PAUD Kabupaten  Kupang Ny. Damaris Masneno-Mooy bahwa masa usia dini merupakan Golden Age bagi perkembangan anak untuk memperoleh masa pendidikan. Menurutnya, usia ini merupakan masa penting bagi anak untuk membantu perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif dan sosialnya. 

“Sebagai Bunda PAUD, saya menegaskan bagi para pengelola dan pendidik yang begitu setia membimbing selama setahun, sehingga kita dapat melepaskan anak -anak menuju ke tingkat Sekolah Dasar”, ucap Damaris. 

Dirinya juga berterima kasih kepada pihak orang tua dan guru yang telah setia mendampingi dan mendukung program pemerintah dalam bidang pendidikan demi mendorong anak-anak untuk mengetahui banyak hal dan potensi diri sebagai generasi penerus yang cerdas. 

Ketua Panitia Pelepasan PAUD, Yohana Adonis mengatakan, wisuda pelepasan anak-anak PAUD se-Kecamatan Kupang Timur ini bertujuan mempererat tali silaturahmi pendidik dan tenaga pendidik, meningkatkan karya dan sosialisasi PAUD terhadap masyarakat serta menanamkan nilai dan karakter sejak dini kepada peserta didik PAUD tentang kebersamaan kerjasama dan saling tolong-menolong.

Sementara peserta wisuda hari ini sebanyak 182 anak yang terdiri dari 17 lembaga PAUD se-kecamatan Kupang Timur. Terdapat diantaranya 1 PAUD dari kecamatan Amabi Oefeto dan 1 PAUD dari kecamatan Takari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *