Pemkab Matim siap Sukseskan Festival Kopi Lemba Colol

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH,M.Hum

Kupang,sonafntt-news.com.Pemerintah Daerah  Kabupaten Manggarai Timur Tahun 2020  siap menyukseskan Festival Kopi Lemba Colol  dengan tujuan memperkenalkan kepada dunia luas  bahwa  kopi  yang ada di Manggarai  merupakan salah satu kopi yang terbaik di Nusa Tenggara Timur.

Kopi Lemba Colol memiliki sejarah tersendiri dimana pada tahun 1937  Pemerintah   Belanda memberikan hadiah bendera kepada masyarakat Colol sebagai penanam kopi terbaik. Prestasi kopi Colol memang tidak diragukan lagi. Selain sebagai daerah produksi kopi terbesar di NTT, pada tahun 2015 lalu, kopi jenis arabika dan robusta asal Colol, Kabupaten Manggarai Timur,  dinobatkan sebagai kopi terbaik Indonesia.

Kopi ini berhasil menggeser peringkat kopi Jambi dalam kontes kopi spesialt Indonesia yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada 10-14 November 2015 lalu,tegas Bupati Manggarai Timur   Agas Andreas, SH,M.Hum saat ditemui pada kampus Universitas  Citra Bangsa  Kupang, Kamis,5/3/2020.

Agas Andreas lebih lanjut mengungkapkan  bahwa perayaan    Festival Lemba  Kopi Colol yang  akan berlangsung tanggal 6-12 Juli 2020  dihadiri seluruh komponen termasuk PNS  akan diliburkan guna menyaksikan  festival bersejarah tersebut.  Festival Kopi Lemba  Colol dilakukan dengan tujuan menyadarkan masyarakat mengenai pentingya budaya pertanian dan perkebunan   guna   meningkatkan pendapatan  ekonomi   khususnya usaha-usaha produktif  masyarakat setempat, secara berlanjutan  bahkan  mendorong menjadi desa agriwisata.

Sementara untuk pelaksanaan  teknis, festival sudah terbentuk Event Organiser dan timnya sedang mempersiapkan lokasi serta fasilitas penunjang  yang memadai.Kegiatan ini  dipastikan bulan april akan di launching di Jakarta, tutur Agas

Ia menegaskan bahwa target yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sebagai arena pariwisata untuk memperkenalkan budaya- budaya lokal kepada pihak luar   dan  membuka akses pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat serta pendapatan bagi Pemerintah  Daerah .(Mf).

.