Pemkab TTU Menerima Penghargaan Dari Kemenkeu RI Karena Berhasil Menyusun LKPD Tahun 2020

Kefamenanu,sonafntt-news.com. Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur tahun ini menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI karena dinilai berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan daerah (LKPD) tahun 2020 dengan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Disaksikan media ini, penghargaan yang diberikan  berupa piagam yang ditandatangani langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati diserahkan kementerian Keuangan melalui kepala KPPN Atambua Marjanto di ruang rapat lantai 2 kantor Bupati TTU, Selasa (19/10/2021).

Turut  hadir dalam kegiatan tersebut  Wakil Bupati TTU, ketua  DPRD TTU, Jajaran  Pejabat   Lingkup KPPN Atambua, Pejabat dari BPK Perwakilan NTT, Pj.Sekretaris Daerah, para asisten, staf ahli dan pimpinan perangkat daerah.

Kepala KPPN Atambua, Marjanto  menjelaskan bahwa penghargaan diberikan kepada Pemkab TTU karena  berdasarkan penilaian  kementerian keuangan telah berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan daerah (LKPD) tahun 2020 dengan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Apresiasi  yang diberikan karena dinilai sukses membuat dan mempertanggungjawabkan  keuangan secara baik  dan akuntabel  terhadap pembangunan tahun anggaran 2020,”ungkapnya.

la berharap prestasi yang diraih dapat dipertahankan  akan transparansi dan akuntabilitas dalam melayani masyarakat.

Marjanto dalam kesempatan itu  mengucapkan selamat dan sukses kepada Bapak Bupati dan jajaran atas diraihnya piagam penghargaan LKPD dengan Opini WTP dari BPK-RI.

Bupati TTU Drs. Juandi David dalam sambutannya mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil kerja sama  antara  Pemerintah Daerah dan DPRD serta seluruh perangkat daerah.

“Atas nama Pemerintah saya   mengucapkan limpah terima kasih  kepada DPRD TTU yang telah mengawasi jalannya administrasi pemerintahan, badan keuangan dan aset daerah sebagai leading sektor dalam pelaporan keuangan daerah, para pimpinan perangkat daerah lingkup TTU dan pengelola keuangan masing-masing perangkat daerah.

Ucapan terima kasih yang sama diberikan kepada  BPK RI melalui perwakilannya BPK NTT yang telah melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah secara transparan dan profesional,” ujarnya.

Bupati berharap, pimpinan perangkat daerah dan para pengelola keuangan pada masing-masing perangkat daerah dapat berkoordinasi dan menjadi mitra yang baik dalam proses pemeriksaan, sehingga kualitas pelayanan publik Pemda TTU semakin baik.

Menurutnya  penghargaan yang diberikan  sebagai sebuah sarana yang terus mendorong pemerintah daerah untuk mewujudkan pemerintah yang transparan dan good governance.

“Raihan opini wajar tanpa pengecualian ini merupakan sebuah  kepercayaan yang mulia dan  Apalagi penghargaan ini adalah yang pertama kali diraih Pemda TTU oleh karena  itu, saya mengharapkan agar kita semua konsisten memperhatikan setiap  dalam laporan keuangan serta kesesuaian dengan standar administrasi pemerintahan (SAP),”tegasnya

Bupati Juandi dalam kesempatan itu,  menegaskan  ada beberapa hal yang perlu dipertahankan  berkaitan dengan  predikat  WTP yakni harus  adanya komitmen dari seluruh perangkat daerah atas pengelolaan keuangan yang tepat dan sesuai regulasi yang dimulai sejak perencanaan penganggaran hingga eksekusi di lapangan  dengan melakukan review dan rekon atas laporan keuangan secara berkala memperhatikan kebijakan pengelolaan aset yang memadai dan sesuai aturan yang berlaku. (Dk/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *