Pemprov NTT Siap Bangun Sekolah Politeknik Pariwisata Di Sumba Tengah

Kupang,sonafntt-news.com. Dalam rangka peningkatan pembangunan pariwisata, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur siap membangun Sekolah Politeknik Negeri Pariwisata Di Sumba Tengah dengan tujuan memanfaatkan potensi-potensi wisata di Sumba Tengah dan membuka akses pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat serta sebagai salah satu wujud nyata mendukung perbaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sumba dan khususnya bagi generasi muda sebagai penggerak pembangunan.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat saat coffe morning bersama Wartawan Media Televisi, Cetak dan Online se-NTT di Aula rumah jabatan gubernur NTT,Kamis 28 Agustus 2020. Kegiatan yang bertajuk Coffee Morning yang diprakarsai Biro Humas dan Protokol NTT serta Biro Umum Setda NTT itu dihadiri lebih dari 91 pekerja media. Bertindak sebagai moderator adalah Kepala Biro Humas dan Protokol NTT, Jelamu Ardu Marius.


Viktor Bungtilu Laiskodat menjelaskan bahwa pembangunan Sekolah Politeknik Negeri Pariwisata yang akan dibangun sebagai salah satu bagian untuk peningkatan Sumber Daya Manusia di bidang pariwisata dan menyiapkan generasi muda yang siap pakai dengan mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada terutama kedepan membuka akses ekonomi bagi pedagang ekonomi lokal dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai serta membuka ruang bagi dunia luar untuk menikmati pariwisata di NTT termasuk di Sumba Tengah.


Upaya ini juga untuk menurunkan angka kemiskinan di NTT dan berdasarkan data statistik 2019, urutan pertama presentase penduduk miskin terbanyak adalah Sumba Tengah 34,62 persen, terus diikuti Sabu Raijua 30,52 persen, Sumba Timur 30,02 persen,lalu diikuti Sumba Barat 28,29 persen, Sumba Barat Daya 28,06 persen, Rote Ndao 27,95 persen,TTS 27,87 persen.

Mantan Ketua Fraksi DPR RI Partai Nasdem meminta kepada Bappelitbangda agar menyiapkan perencanaan yang efektif dan membangun kerja sama lintas sektor untuk memberikan perhatian khusus bagi Kabupaten Sumba Tengah, Sabu Raijua,Sumba Timur,Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Perhatiannya harus tuntas dilaksanakan di semua sektor baik pariwisata, pertanian, peternakan, pendidikan , kesehatan, dan Usaha UMKM.

Ia menambahkan daerah lainnya tetap kita perhatikan dengan baik, agar angka kemiskinan tidak naik. Bulan depan saya akan ke Sumba Tengah untuk program Tanam Jagung Panen Sapi di lahan yang besar supaya ekonomi masyarakat di sana meningkat,‚ÄĚjelas Gubernur VBL.

Semenetara Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Ir.Wayan Darmawa,MT mengatakan bahwa salah satu langkah strategis yang dilakukan untuk mendorong pertumbuhan pariwisata dan membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas sesuai arahan Gubernur NTT.


“Pilihan untuk membangun Sekolah Politeknik Negeri Pariwisata di Sumba Tengah dan hal ini akan meningkatkan daya beli dan membuka akses ekonomi di bidang pendidikan maupun sektor lainnya yang berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat”,ungkapnya.
Ia menegaskan bahwa Pembangunan Sekolah Teknik Pariwisata secara teknisnya akan dilaksanakan pada awal tahun 2021 dan diharapkan tahun 2022 sudah mulai menerima mahasiswa baru. (MF/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *