Pemprov NTT Siap Sukseskan Festival Budaya Di Danau Kelimutu

Kupang,sonafntt-news.com.Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sia menyukseskan Festival Budaya di Danau Kelimutu yang terletak di Desa Pemo Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende sebagai wujud nyata mendukung percepatan pembangunan pariwisata melalui kebijakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Langkah percepatan yang dilakukan dengan tagline “Indonesia Bisa’”yang terimplisit melalui bersih,indah, nyaman dan sehat. Tagline Indonesia bisa sebagai salah satu cara untuk mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata agar ke depan semakin maju dan siap menghadapi perkembangan zaman.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Ir.Wayan Darmawa,MT saat ditemui oleh awak media di ruang kerja,senin 13/7/2020.

Wayan Darmawa menjelaskan bahwa Festival Budaya tersebut akan berlangsung dari tanggal 11-12 Agustus 2020 dengan melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya Atraksi Budaya Daerah, peresmian restoran yang terletak di Konara, promosi ekonomi kreatif, kursus bahasa inggris bagi pelaku wisata, dan membangun kerja dengan pemda setempat untuk untuk pengembangan wisata daerah dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Wayan dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa untuk mendukung percepatan pembangunan dibidang pariwisata sesuai permintaan dari pemerintah pusat kami mengusulkan beberapa daerah wisata diantaranya Labuan Bajo dengan empat lokasi, danau kelimutu yang diintegerasikan dengan kebijakan daerah Selain itu, kami juga mengusulkan program percepatan pengembagan pariwisata di Kabupaen Alor yang diinetgrasikan dengan Festival Dugong dan Purantua yang sesuai perencanaan akan dilaksanakan 29-30 juli 2020.

Daerah lain yang turut diusulkan kepada pemerintah yakni Kampung adat praijing yang terletak di Sumba Barat, dan tahun 2021 pemerintah Provinsi NTT mencanangkan Pulau Semau sebagai destinasi wisata terbersih Indonesia dengan harapan melakukan terobosan-terobosan baru untuk membuka akses pertumbuhan ekonomi bagi warga sekitar bahkan membuka akses pasar yang lebih kompleks sesuai kebutuhan dan perkembangan saman.

Sementara untuk kebijakan Pemerintah Provinsi NTT di bidang pariwisata Pemprov akan memberikan dukungan terhadap beberapa aspek yakni dukungan bagi pelaku ekonomi kreatif di desa – desa, peningkatan kualitas bagi 35 Home Stay baru yang tersebar pada tujuh lokasi pariwisata di NTT yang dianggap potensial, membuat sekolah lapang ekowisata desa untuk membuat ekosistem pariwisata dan mewujudkan pembangunan pariwisata secara utuh baik aktrasi budaya, peternakan, pertanian, perikanan dan industri jasa.

Selain itu, adanya dukungan dari pemerintah daerah provinsi untuk peningkatan kualitas, aminitas di lasiana, dan melakukan festival-festival budaya untuk menyiapkan modal bagi pelaku ekonomi kreatif dan kuliner sehingga memberikan kontribusi kepada peserta festival dengan nilai ekonomi dan harga yang terjangkau. Untuk diketahui juga, festival yang akan dilakukan tahun ini diantaranya Festival Otan, Dugong, Liman, dan Sandelwood .


Langkah lain yang akan dilakukan kedepan dalam rangka pemulihan pembangunan pariwisata kami mengoptimalkan kampaye- kampaye pangembangan pariwisata untuk mendapatkan penilaiaan destinasi pariwisata dan kuliner yang masuk dalam nominasi nasional terbaik. Untuk mewujudkan penilaian tersebut, kami akan melakukan kampanye destinasi wisata pada beberapa wilayah yang memiliki makanan khasnya diantaranya daerah inan dau, hoping di pulau meku, pantai mulut seribu, radamata di Sabu Raijua dan destinasi liang buang di Kabupaten Manggarai.


Kami akan melakukan konsolidasi dengan seluruh stekholder untuk memberikan dukungan dan khususnya menguasai informasi melalui pembuatan tematik-tematik untuk kampanye pariwisata., ungkapnya.

Ia berharap agar para pengelola dan penggungjung wisata harus berdisiplin dalam menerapkan standar kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menahan laju penyebaran covis-19.Mematuhi protokol kesehatan sama halnya menjaga dan memastikan diri aman dari ancaman wabah covid 19.(MF).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *