Pentingnya Memiliki Data SIPD Yang Akurat 

TTU,sonafntt-news.com. Salah satu  faktor pendukung untuk mendorong pemerintahan daerah menuju daerah yang maju dan berkembang di segala aspek yakni harus memiliki data valid  dan Pengelolaan  Data berbasis Elektronik melalui aplikasi SIPD  dilakukan melalui beberapa tahapan setiap tahunnya, dimana validasi  data tersebut  dimaksudkan  untuk melihat kesesuaian data yang telah diisi dalam aplikasi data berbasis elektronik dengan standar data dan metadata sesuai dengan ketentuan  perundang-undangan yang berlaku. 

Pantauan media ini, kegiatan Verifikasi dan Validasi data ini diikuti  admin SIPD seluruh OPD Se- Kabupaten TTU  serta  tim validasi Data SIPD Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Provinsi NTT yang dilaksanakan   di Aula Hotel Neo Aston Kupang,  Kamis 1  Juli  2021.   

Keberadaan data yang akurat  merupakan salah satu aspek yang urgen dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah.  Dalam konteks perencanaan, data dalam siklus pembangunan merupakan perangkat untuk melakukan analisa permasalahan dan penyusunan kebijakan rencana pembangunan daerah,  demikian yang disampaikan Kepala Seksi Pengendalian dan Pelaporan Bapelitbangda Kabupaten TTU Magdalena Bani, ST kepada media ini di sela-sela  kegiatan verifikasi  dan validasi data SIPD.

Sementara   Nyoman Sanjambara, SKM. M. Kes, Kasubid Data dan Informasi Bapelitbangda Provinsi NTT sebagai narasumber pada kegiatan tersebut  menyampaikan bahwa  data sangat  penting dalam penetapan indikator pembangunan sebagai instrumen evaluasi hasil pencapaian pembangunan.  Keberhasilan  pembangunan berawal dari penyiapan yang akurat data dan dapat dipertanggungjawabkan. Harapannya ke depan data SIPD Kabupaten  TTU sudah menerapkan prinsip satu data (one data).

Ia berharap dengan adanya kegiatan validasi data ini maka seluruh data bisa terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kewenangan produsen data. Selain itu juga sebagai acuan dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah  Kabupaten Timor Tengah Utara.

Nyoman menambahkan   bahwa menjadi suatu kebangaan untuk Kabupaten Timor Tengah Utara sebagai Kabupaten Pertama di Provinsi NTT yang setiap tahun selalu rutin melakukan  forum verifikasi, validasi dan metadata.

Salvatore G. A.M.Lake, SE berharap  kepada seluruh  admin SIPD pada setiap perangkat daerah agar sekembalinya dari kegiatan ini  dapat menyiapkan data secara baik  dan akurasi  yang akan menjadi data dasar  untuk menyiapkan  dokumen perencanaan  pembangunan daerah,  karena data merupakan dasar bagi  kita dalam menyusun program dan kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *