Pentingnya Mengetahui TIK Dengan Baik & Benar Di Era Digital

Kupang,Sonafntt-news. Com. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan vital yang harus diketahui dengan baik dan benar oleh tenaga pendidikan,pegawai,siswa maupun masyarakat luas di zaman digital yang penuh banyak dengan tantangan yang harus dilewati dan mendorong kita untuk melakukan inovasi-inovasi baru dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki.


Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Drs. Dumuliahi Djami, Msi saat membuka kegiatan In House Training (IHT) pada SMPN 6 Kota Kupang. Pantauan media ini, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh guru mata pelajaran dan pegawai tata usaha dan Operator sekolah, Selasa 147/2020.
Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini mengalami perkembangan yang luar biasa para guru diharapkan para guru harus memiliki tekad yang besar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan secara baik dan benar bahkan dalam situasi pandemik para guru dan seluruh pihak terkait dalam bidang pendidikan harus memainkan perannya dengan baik dan harus pula berani menjadikan materi pelajaran yang sulit menjadi mudah sehingga siswa tertarik belajar baik dalam bentuk daring maupun offline. Selain itu, metode pelajaran yang akan disampaikan harus disederhanakan agar lebih mudah dipahami oleh siswa saat jam pelajaran berlangsung dan harus pandai mengatur waktu sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat berjalan dengan efektif dan selanjutnya bisa melakukan KBM pada tempat yang berbeda sesuai jadwal yang telah ditetapkan bersama, ungkapnya.


Selain itu, kami minta agar para guru dalam melakukan KBM di rumah siswa harus mampu memberikan inovasi-inovasi baru yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa dengan mengacu terhadap ketentuan kurikulum pendidikan yang berlaku.Sementara untuk KBM secara online para guru juga menyiapkan dengan baik sarana yang mendukung kelangsungan jam pelajaran agar materi yang disampaikan melalui audio virtual dapat dipahami dengan baik dan harus pula menciptakan suasana yang nyaman dengan siswa sehingga tujuan yang dicapai berjalan dengan baik.

Lanjut Dumuliahi,Untuk mendukung kelancaran KBM baik online dan offline secara juknis dana bos memberikan ruang untuk dialokasikan dana bagi guru-guru untuk kebutuhan pulsa data namun yang menjadi fokus utama dalam pertemuan ini yakni para guru harus menyiapkan materi-materi pelajaran sesuai kurikulum untuk mendukung proses pembelajaran baik dalam bentuk online maupun guru turun langsung melakukan KBM di rumah siswa.


Upaya lain harus dilakukan yakni memanfaatkan potensi yang ada untuk mengetahui teknologi secara baik dan jika mengalami kendala harus membuka diri dengan sesama yang memiliki keterampilan yang lebih untuk menunjang proses belajar secara online


Ia juga menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah dan seluruh pihak terkait yang telah sukses melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah yang merupakan salah satu kegiatan rutinitas setiap tahun yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan secara komprehensif mengenai kehidupan lingkungan sekolah baik materi pelajaran, manajemen sekolah, maupun kegiatan intra sekolah yang meningkatkan bakat dan kemampuan siswa.

Kepala Sekolah SMPN 6 Kota Kupang Aryandy Benygerius Mauko,S.Pd,M..Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mendukung kegiatan KBM tahun ajaran baru 2020/2021 kami sudah melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah untuk peserta didik baru dimana metode yang diterapkan yakni kunjungan berbasis zona tempat tinggal dengan pendekatan titik kumpul. Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah dilakukan berdasarkan hasil komprehensif terkait karakteristik satuan pendidikan SMPN 6 Kota kupang yang dimulai dari ketersediaan sumber

daya manusia dan latar belakang pendidikan orangtua peserta didik dan sebagian besar memiliki akses internet, kepemilikan Hp Android dan kemampuan guru dalam mengelola informasi dan teknologi.

Selain itu materi utama yang dilaksanakan oleh para guru di lapangan dalam masa lingkungan sekolah bagi peserta didik yakni membangkitkan semangat dan motivasi belajar peserta didik di tengah pandemik covid-19 dan kami memiliki komitmen yang sama untuk berkolaborasi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang mempercayakan anak-anaknya belajar di SMPN 6 Kupang,ungkapnya.


Sementara kegiatan In House Training yang dilaksanakan hari ini fokus untuk merumuskan langkah-langkah strategis yang mendukung proses belajar secara jauh antar guru dan siswa

.
Kegiatan ini tentu membahas peningkatan kapasitas guru, komitmen guru untuk melaksanakan proses belajar secara online, offline maupun kolaborasi antara metode belajar online dan offline yang akan disepakati bersama dalam kegiatan ini,tuturnya.

Ia berharap kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari kedepan benar-benar menghasilkan rekomendasi yang tepat dan menjadi acuan yang mendukung proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas bagi generasi muda sebagai penggerak utama pembangunan dimasa mendatang.(MF).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *