Pentingnya Peran Aktif Para Camat Untuk Memfasilitasi Para Kepala Desa Mengalokasikan DD Dalam Kegiatan Germas

Kefamenanu,sonafntt-news.com. Salah satu kunci kesuksesan pembangunan daerah yakni dibutuhkan peran aktif yang maksimal dari seorang pimpinan wilayah di tingkat kecamatan dengan prinsip melakukan langkah-langkah strategis dan efektif termasuk memfasilitasi para kepala desa guna mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk peningkatan pembangunan di bidang Gerakan Hidup Sehat Masyarakat (Germas) sebagai langkah konkrit menjaga kebersihan dan membangun pola hidup sehat dengan sesama dan memastikan lingkungan sekitar bebas dari berbagai polusi yang menyebabkan berbagai penyakit.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati TTU Drs. Eusabius Binsasi pada acara pembukaan kegiatan Advokasi penguatan lintas sektoral tentang Gerakan Hidup Sehat Masyarakat (GERMAS) yang diikuti oleh para Camat se-Kabupaten TTU yang berlangsung di Hotel Litani Kefamenanu, Selasa 8 Juni 2021.

Drs.Eusabius Binsasi dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk melakukan sebuah perubahan membutuhkan kerja sama yang baik dari elemen termasuk para camat harus menjalankan tugas dan peran yang dipercayakan sehingga memberikan dampak produktif bagi kepentingan publik, oleh karena itu untuk mewujudkan aksi GERMAS maka para Camat diharapkan terus memfasilitasi para Kepala Desa agar menyediakan anggaran dari dana desa guna membangun infrastruktur desa yang berkaitan erat dengan kesehatan masyarakat. Selain itu, untuk memenuhi kriteria hidup sehat salah satunya adalah harus memiliki MCK dan penyediaan air bersih.

Wakil Bupati TTU, Drs. Eusabius Binsasi mengatakan, sejak Tahun 2017 Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan adanya Gerakan Hidup Sehat Masyarakat (GERMAS). Namun gerakan tersebut hingga saat ini belum berjalan secara optimal dalam kehidupan keseharian masyarakat. Untuk itu aksi GERMAS harus dijiwai oleh masyarakat untuk merubah perilaku hidup sehat,tuturnya.

Mantan Dirjen Bimas Katolik RI menegaskan bahwa para Camat yang adalah pemimpin di wilayah kecamatan harus mampu menggerakkan dan mendorong masyarakat untuk menerapkan kebiasaan dan perilaku hidup sehat baik di rumah maupun di tempat-tempat umum.

Ia berharap agar seluruh peserta kegiatan Advokasi penguatan GERMAS mengikuti proses yang ada dengan baik sehingga kedepan mampu mengaktualisasikannya ditengah masyarakat dengan suatu tujuan membangun pola hidup sehat dan hal itu harus dimulai dari lingkup keluarga dan lingkungan sekitar bahkan siapa saja yang ditemui harus memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan.(DK/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *