Pentingnya Sekolah Kemigrasian Bagi Generasi Muda

Kupang, Sonafntt-news.com. Sekolah Kemigrasian merupakan salah  satu   sarana strategis bagi masyarakat  terutama  generasi muda  dimana memiliki peran penting sebagai agen perubahan agar kegiatan pelayanan publik di bidang keimigrasian di jalankan dengan baik dengan memberikan dampak produktif untuk kemajuan daerah yang mengacu terhadap ketentuan yang berlaku.

“Kami berharap edukasi tentang pentingnya keimgrasian rutin  digerahkan .untuk mempersiapkan para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas, khususnya siswa-siswi kelas 12  sedini mungkin untuk mengikuti seleksi Sekolah Kedinasan Keimigrasian” 

Demikian disampaikam oleh  Mezra Pellandou, perwakilan kehumasan SMA Negeri 1 Kupang dalam acara Sosialisasi Keimigrasian dan Politeknik Keimigrasian atau Poltekip pada kegiatan  ‘Imigrasi Goes to School’, Rabu (05/10/2022)   di SMA Negeri 1 Kupang.

“Seleksi Sekolah Kedinasan seperti Poltekim ini tentu harus melalui beberapa tahap, seperti yang sudah dijelaskan, dan akan menimbulkan persaingan yang ketat”, jelasnya saat menjadi moderator dalam kegiatan tersebut. “Oleh karenanya, kami dari pihak sekolah sangat berharap agar pihak keimigrasian semakin sering  mengadakan kegiatan sosialisasi seperti ini dan bukan hanya ditujukan kepada siswa-siswi  kelas 12 saja tetapi juga kepada yang kelas 10 dan 11, sehingga persiapan anak-anak sangat matang, baik itu dari segi pengetahuan keimigrasiannya dan juga persiapan mengikuti tes masuk Poltekip”, tambahnya saat itu.

Pengetahuan keimigrasian yang minim dan kurangnya persiapan, dirasa sebagai faktor penentu bagi kelulusan calon taruna dan taruni Poltekim asal NTT. Hal ini dilihat dari jumlah taruna dan taruni Poltekim asal NTT yang tengah menempuh pendidikan di Poltekip saat ini. Pihak Imigrasi diharapkan agar semakin sering mengadakan sosialisasi dan semakin gencar mempromosikan sekolah kedinasan tersebut.

Kegiatan ‘Imigrasi Goes to School’ sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Imigrasi Kupang dalam rangka memperkenalkan Keimigrasian dan Sekolah Kedinasan Keimigrasian, Poltekim, kepada para siswa-siswi SMA yang berada dalam wilayah kerjanya.

“Kami sudah melaksanakan kegiatan ‘Imigrasi Goes to School’ ini di beberapa sekolah sebelumnya dan akan terus dilaksanakan di beberapa sekolah lagi”, jelas Ketsia Lanoe, Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Imigrasi Kupang, menanggapi harapan para pendidik sekolah tersebut. “Kami juga sangat berharap agar kegiatan seperti ini dapat membantu adik-adik siswa-siswi SMA memahami tentang keimigrasian secara lebih baik dan juga terkait sekolah kedinasannya”, tambahnya berharap. 

Sementara peserta Kegiatan ‘Imigrasi Goes to School’ kali ini diikuti oleh 40 orang siswa-siswi kelas 12 SMA Negeri 1 Kupang bersama para pendidik yang mendampingi. Kegiatan ini berjalan lancar dan mendapat antusias yang tinggi. (em/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *