Pentingya Membangun Toleransi Antar Umat Beragama Diera Globalisasi

Oelamasi,  Sonafntt-news.com.   Toleransi antar umat beragama  merupakan salah satu indikator penting yang harus dijunjung tinggi dan dirawat bersama dalam membangun sebuah bangsa  dan  daerah menuju masyarakat yang maju serta  mandiri di segala asek bahkan di era globalisasi sangat diharapkan untuk memperkuat toleransi antar sesama dan menerima perbedaan pendapat dalam melaksanakan sebuah kegiatan. 

Demikian disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno  saat membuka   acara buka puasa bersama umat muslim di Jemaah Mesjid Nurul Jadid Babau, Sabtu (15/4-2023). Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut didampingi oleh Ketua FKUB Kabupaten Kupang Pdt. Yunus Kay Tulang, Ketua MUI Kabupaten Kupang Jamaludin Mustafa, serta tokoh agama Kabupaten Kupang lainnya. 

Dalam sambutannya Bupati Kupang Korinus Masneno mengucapkan selamat berpuasa bagi umat muslim Kabupaten Kupang seraya berharap amal dan ibadah puasa yang dilakukan dapat dilakukan dengan baik hingga selesai. Dirinya menyampaikan rasa terima kasih atas undangan FKUB dan Pimpinan Mesjid Nurul Jadid agar dapat hadir dan bersama-sama umat berbuka puasa. 

“Suatu kehormatan atas udangan yang diberikan kepada saya, sehingga hari ini saya bisa hadir disini bersama FKUB dan Ketua MUI Kabupaten Kupang dalam acara berbuka puasa ini. 

Menurutnya, salah satu tugas yang dilakukan saat ini  bergandengan tangan meningkatkan rasa kebersamaan dan kerukunan umat beragama, apalagi di tengah-tengah kemajuan teknologi informasi saat ini. Dijelaskannya bahwa  kemajuan teknologi informasi bisa saja digunakan oleh oknum tertentu untuk memecah dan mengganggu kebersamaan antar umat beragama sehingga kesadaran dan rasa kebersamaan harus tetap dipertahankan. Peran FKUB pun nilainya menjadi bagian penting dalam membangun semangat persatuan dan menyelesaikan persoalan yang terjadi. “Kerukunan Umat beragama di Kabupaten Kupang sangat baik dan harus tetap dipertahankan,” Pesan Masneno. 

Harapannya ibadah puasa yang bapak, ibu dan umat sekalian lakukan dapat menjadi berkah dalam meningkatkan amal, ibadah dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,” Ungkap Masneno. 

Diakhir sambutannya mengucapkan Selamat melaksanakan berpuasa bagi segenap umat dan bisa dilaksanakan selesai dengan baik hingga akhirnya. “Lewat Puasa umat menguatkan iman dan taqwanya kepada Tuhan Yang maha Esa, kuat menahan hawa nafsu, menahan pengaruh negatif, sukses sampai selesai,” Pesan Bupati Masneno. 

Ketua MUI Kabupaten Kupang Jamaludin Mustafa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kehadiran Bapak Bupati Kupang di tengah-tengah umat muslim dalam kegiatan berbuka puasa di Masjid Nurul Jadid Babau.  

Dijelaskannya Mustafa, Umat Muslim di Kabupaten Kupang telah melaksanakan ibadah puasa demi meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap sang pencipta. Puasa menjadi bentuk ibadah dan penyucian diri dari godaan dan perbuatan-perbuatan dosa, dimana setelah selesai nanti umat yang selesai beribadah akan menjadi suci, baru seperti bayi yang baru lahir di Hari raya Idul Fitri. “Terima kasih pak Bupati sudah datang dan hadir bersama dengan umat dalam acara berbuka puasa bersama hari ini,” Ungkap Mustafa.

Ketua FKUB Kabupaten Kupang Pdt. Yunus Kay Tulang dalam sambutannya mengatakan FKUB yang terdiri dari berbagai tokoh agama hadir dan menjadi bagian masyarakat untuk meniti kehidupan yang rukun dan saling menghargai satu dengan yang lain. Kehadiran FKUB jelasnya sebagai bagian bersama membingkai dan mewarnai keberanekaragaman kita. Kita berasal dari akar yang sama, hidup bersama sebagai orang bersaudara. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *