Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Tiga Kegiatan Pembangunan Embung Wilayah Flores Capai 100 %

Kupang,sonafntt-news.com.  Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi NTT terus bergerak untuk memberikan pelayanan yang terbaik termasuk menyediakan kebutuhan air bersih melalui peningkatan  pembangunan embung  sesuai ketentuan yang berlaku 

“Untuk wilayah Flores ada dua item besar Pembangunan embung dan hingga saat ini tiga wilayah yang progresnya sudah 100 % meskipun kontrak kerja kemarin dimulai bulan desember 2021”

Demikian keterangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Embung  Dinas PUPR Provinsi NTT  Umbu Dangu saat ditemui awak media di ruang kerjanya, rabu 8/2/2022.

Umbu Dangu menjelaskan bahwa untuk embung embung wilayah Flores tiga wilayah yang  sudah selesai yakni  Nagekeo, Rote dan Sabu. Tiga daerah ini progresnya sudah fiks sesuai perencanaan  dan kiranya kedepan dimanfaatkan dengan baik oleh warga setempat.

Lanjut Umbu Dangu, selain tiga daerah tersebut untuk Sumba Tengah progresnya sudah 15 % sedangkan 1 kegiatan di Nagekeo dalam tahap item  tanggulnya namun kendalanya yang dihadapi saat ini  cuaca yang tidak bersahabat.

“Pukul 11.00-12.00 wita salah satu lokasi di ende  sudah kabut dan di daerah tersebut hujan setiap hari.secara teknis eksa bisa operasi namun ada truk angkut  material,di saat hujan mengakibatkan semua aktifitas terhambat.kami prediksi untuk ende dan sumba tengah kegiatan akan terhambat karena kondisi alam” ungkapnya.

Menurutnya untuk memudahkan kegiatan di lapangan tim sementara membangun komunikasi  dengan BMKG guna mengetahui secara baik kondisi cuaca sehingga mengatur jadwal kerja tanpa mengabaikan ketentuan yang berlaku.

Dalam kesempatan itu  ia optimis kedepan jika agenda pembangunan jalan provinsi diselesaikan, pemerintah dibawah kepemimpinan Viktor Bungtilu Laiskodat dan Yosep Nai Soi akan memprioritaskan  beberapa agenda pembangunan termasuk embung dimana air sebagai kebutuhan vital untuk menunjang kebutuhan  warga yang tersebar pada 22 kabupaten.

Umbu Dangu menambahkan sesuai hasil studi NTT membutuhkan  4000 embung yang didalamnya ada waduk, irigasi dan secara umum untuk mencukupi kebutuhan air NTT butuh 1,5 m kubik air namun kita masih keterbatasan  anggaran. ini sangat membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh pihak kebutuhan akan air bersih bisa menjangkau 22  kabupaten/kota.(Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *